Ahli Berikan Tips Pilih Buah yang Aman Bagi Penderita Diabetes

Ilustrasi wanita makan apel.
Sumber :
  • Pixabay/PublicDomainPictures

VIVA – Buah memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, bagi penderita diabetes, mereka tidak boleh sembarangan saat memilih makanan yang akan dikonsumsi, termasuk buah-buahan. 

Gula darah penderita diabetes mudah sekali naik turun. Untuk menjaganya tetap stabil, penyandang diabetes, diharuskan mengontrol jumlah asupan makanan. 

Sebenarnya, buah-buahan termasuk salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi penderita diabetes, karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Namun, tidak semua buah boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes, terutama yang terlalu matang dan terlalu manis. 

"Buah semakin matang glukosanya semakin tinggi. Makanya, pilih yang tidak terlalu manis dan tidak terlalu matang," ujar spesialis gizi klinik, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK(K), di Jakarta, belum lama ini. 

Lebih lanjut ia menjelaskan, beberapa buah yang tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes, antara lain mangga, pisang yang terlalu matang, sawo, kelengkeng, dan buah durian. 

Sebaliknya, Dr. Fiastuti turut menjabarkan buah yang baik dikonsumsi untuk penyandang diabetes. Apa saja?

"Pilih buah yang yang tidak terlalu manis, seperti alpukat, apel, pir, dan buah naga," kata dia. 

Fia juga berpesan, sebaiknya konsumsi buah-buahan tersebut secara langsung atau dalam keadaan segar. Bukan buah yang dijus, kalengan, atau yang sudah diproses, karena mengandung tambahan gula atau pemanis buatan.