Cara Unik Cegah Virus Corona, Chef Ini Olah Kulit Terong Jadi Masker

Masker kulit terong
Sumber :
  • Metro

VIVA – Memakai masker merupakan salah satu cara utama untuk mencegah penularan virus corona jenis baru atau COVID-19. Seorang chef asal Yordania telah mengkreasikan cara baru untuk menciptakan masker wajah tersebut yang berasal dari makanan sisa.

Adalah Omar Sartawi, koki andal yang tak ingin membuang sisa-sisa dari bahan makanannya termasuk kulit terong. Dengan kreasinya, Omar pun berhasil menciptakan masker penutup hidung dan mulut dari kulit terong itu.

Pembuatan masker tersebut seiring dengan era new normal saat pandemi COVID-19, sehingga dapat memutus mata rantai penyakit itu. Ada pun cara khusus yang ia gunakan dalam membuat masker agar tetap nyaman dan aman dari penularan penyakit.

Dikutip dari laman Metro.co.uk, Sabtu, 26 Juni 2020, Omar mengolah potongan kulit terong dengan taburan garam yang banyak. Hal ini membuat kulit terong bertekstur seperti kulit yang umum digunakan pada produk fesyen seperti tas, jaket, hingga celana.

Tak butuh waktu lama, setelah kulit terong sudah memiliki tekstur seperti yang diinginkan, Omar membolongi tiap bagian ujungnya. Di situ, Omar mengaitkan tali untuk menyempurnakannya.

Desainer asal Yordania, Princess Nejla Asem dan Salam Dajani menambahkan sisi estetika desainnya begitu Omar menyempurnakan prosesnya.

Kulit terong itu dijahit bersama menggunakan benang katun untuk membuatnya awet. Kulit itu menjadi lebih kuat, namun masih cukup nyaman bernapas untuk dipakai di wajah.

Harapan dari kreasi ini, Omar berharap agar virus corona tak makin meluas. Bersamaan dengan itu, ia juga ingin membantu mengurangi limbah makanan seperti kulit terong.