5 Tips Pilih Skincare Aman untuk Kulit, Gak Harus Mahal

Ilustrasi wanita/merawat kulit/skincare.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Kepopuleran skincare di Indonesia semakin meningkat seiring bertambahnya kesadaran perempuan betapa pentingnya memiliki kulit wajah yang sehat. Bahkan,  ketenaran make-up telah tergeser oleh perawatan wajah, karena kulit sehat, cerah, halus dan kenyal adalah impian kebanyakan perempuan.

Memiliki wajah sehat dan segar bagi perempuan merupakan aset. Tak heran jika banyak kaum hawa rela merogoh kocek dalam demi cantik dengan kulit cerah bersinar meski tanpa make-up. 

Skincare tak hanya untuk perempuan, namun laki-laki juga bisa memakainya. Sebab kegunaan skincare sendiri umumnya untuk membuat kulit sehat. 

Baca Juga: Alasan Ayu Ting Ting Akhirnya Bikin Produk Skincare Sendiri

Penggunaan skincare semakin banyak sejak produk lokal turut meramaikan. Jika sebelumnya produk luar, salah satunya Korea Selatan, merajai dunia per-skincare-an kini produk lokal pun tak kalah berkualitas. Apalagi produk lokal menawarkan harga yang lebih ramah kantong dengan kualitas terjamin.

Tapi, perlu diingat, dalam memilih produk skincare juga perlu berhati-hati. Sebab, banyak produk skincare abal-abal berbahaya. Gak harus yang mahal, harga miring tapi berkualitas kenapa tidak?  "Kalau produk lokal juga ada yang bagus, kenapa tidak? Kalau membeli produk lokal kan lebih menghemat ongkos kirim dan lebih mudah mendapatkan barang yang asli,” ujar Eva Yuniati, Manager Operasional Glowiti Platinum Skincare.

Berikut ini, Eva Yuniati membagi tips memilih skincare yang aman dan tepat untuk kulit cantikmu.

1. Kenali jenis kulit
Sebelum membeli produk skincare, hal pertama yang paling penting adalah kenali jenis kulit kamu. Umumnya, ada lima jenis kulit wajah, yaitu normal, kering, berminyak, sensitif, dan kombinasi.

Jenis kulit sensitif, biasanya akan sangat peka dan mudah mengalami iritasi atau alergi terhadap faktor tertentu. Sementara kombinasi adalah perpaduan antara kulit berminyak dan kulit kering.

Ketika sudah mengetahui jenis kulitmu, maka akan lebih mudah dalam pemilihan skincare. Sebab produk skincare juga banyak macamnya menyesuaikan jenis kulit.

2. Sesuaikan dengan masalah kulit
Menentukan skincare untuk wajah memang cukup rumit. Tidak hanya menyesuaikan jenis kulit saja, namun juga menyesuaikan dengan permasalahan kulit. Jadi, memilih skincare harus cocok dengan jenis kulit dan masalah kulit yang kamu derita.

Misalnya kulit berjerawat, baik jenis kulit berminyak maupun kering, memiliki formula yang berbeda. Untuk kulit berjerawat dengan jenis kulit berminyak ada produk skincare-nya sendiri, begitu pula sebaliknya.

Maka, cari tahu dulu tentang spesialis produk skincare yang hendak dibeli. Salah satu rekomendasi produk lokal untuk kulit berjerawat?

"Glowiti Platinum Super Acne punya beberapa keunggulan, salah satunya bisa menghilangkan berbagai tipe jerawat dari yang ringan hingga peradangan. Jika sudah pakai dan jerawat sudah hilang, lebih baik teruskan saja karena itu bisa memudarkan bekasnya," kata Eva Yuniati.

Selain memberantas jerawat, mampu menyamarkan kerutan di wajah dan menghilangkan sel kulit mati. Jadi bisa digunakan untuk yang berusia di atas 30 tahun.

“Sel kulit mati tersebut nantinya akan tergantikan dengan kulit baru. Istilahnya regenerasi kulit. Glowiti ini nanti yang akan membantu merangsang pertumbuhan kulit baru tersebut,” jelas Eva. 

3. Teliti
Sekarang ini, banyak skincare yang mengandung bahan berbahaya. Alih-alih membuat kulit wajah sehat, malah menjadi semakin rusak. Sebelum membeli produk skincare, penting untuk membaca komposisi dengan teliti.
Dari sana kamu bisa mengetahui kendungan apa yang sekiranya berbahaya untuk kulitmu. Misal untuk jenis kulit berminyak, hindari produk yang mengandung oil-based. Sementara kulit kering, hindari produk beralkohol. Untuk kulit sensitif, hindari produk yang mengandung wewangian dan alkohol.
Produk dari Glowiti Platinum Skincare terjamin komposisinya, karena diformulasikan oleh ahli kecantikan dengan cermat. Maka, akan cocok dengan semua jenis kulit wajah.
“Prinsip kami adalah memberikan yang terbaik bagi Indonesia dan dari kami, orang Indonesia,” jelas Eva.

4. Sunscreen
Dari serangkaian produk skincare, satu yang wajib dimiliki adalah sunscreen, agar wajah tidak terbakar matahari. Bahkan sunscreen wajib dipakai meski berada di dalam rumah, kulit harus tetap dilindungi dari sinar UV.

Lebih bagus lagi jika memilih sunscreen yang mengandung SPF (Sun Protection Factor). Pemakaian sunscreen pun bisa beberapa kali dalam sehari, karena hanya bertahan beberapa jam saja maka perlu pemakaian ulang.

5. Memiliki izin BPOM 
Produk kecantikan yang aman harus memiliki izin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pun sudah tertera nomor edaran, perlu melakukan pengecekan ulang apakah benar-benar sudah terdaftar di BPOM. Hal ini dikarenakan banyak penjual nakal yang memalsukan izin BPOM.

“Tentu saja Glowiti ini aman untuk digunakan. Glowiti bebas dari merkuri dan sudah lolos uji coba BPOM. Jika ada masalah, konsumen kami tentunya sudah lama kabur atau bahkan protes kan?” tegas Eva.