Disney Tunjuk Ivan Gunawan Bikin Kostum Terinspirasi Film Cruella

Ivan Gunawan
Sumber :
  • Ist

VIVA – Menyambut perilisan film Cruella, Disney Indonesia berkolaborasi dengan perancang busana berbakat Indonesia, Ivan Gunawan. Dalam kolaborasi ini, Igun begitu sapaan akrabnya, diminta menciptakan fesyen yang terinspirasi dari cerita dan karakter Cruella.

Mengangkat perbedaan gaya antara dua tokoh utama Cruella, yaitu Cruella dan Baroness Von Hellman, Ivan menyiapkan dua busana spesial dengan dua gaya bertolak belakang, yaitu revolusi punk rock di tahun 1970-an ala Cruella serta tampilan elegan nan cantik ala Baroness.

Ivan Gunawan mengaku merasa sangat tertantang karena dipilih menjadi satu-satunya desainer Indonesia untuk merepresentasikan dua tokoh ikonik di film Cruella ini.

"Yang paling challenging mungkin dengan terpilihnya saya sebagai satu-satunya desainer Indonesia yang bisa me-represent tokoh Cruella. Dan saya melihat suatu hasil yang dibuat di dalam tekanan, karena jarak pembuatan kita sempit banget,” ujarnya saat press conference yang digelar virtual, Jumat, 21 Mei 2021.

“Aku tuh paling senang kalau ditantang dengan tekanan. Ada pressure yang tinggi, jadi aku lebih kreatif," tambahnya.

Terlebih menurut Igun, ini adalah project yang sangat confidential dan dikerjakan dalam waktu yang singkat.

Menurutnya, persiapan yang ia lakukan tidak sampai dua minggu, karena terpotong libur Hari Raya Idul Fitri.

“Saya melihat film Cruella ini sangat related banget sama aku. Karena for me, to be honest, as a fashion designer, melihat film ini pastinya banyak banget inspirasi yang akan lahir. Bisa kita lihat dari scene per scene lost dari fashion-nya itu enggak ada. Makanya aku sangat tertantang banget," kata dia.

Lebih lanjut, pria 39 tahun itu mengatakan, kesempatan yang diberikan oleh Disney Indonesia ini dianggapnya sebagai tantangan yang luar biasa.

"Bayangin aja, pembuat fashion-nya aja menang piala Oscar. Jadi kaya benar-benar tertantang banget bahwa Cruella ini buat aku karakternya super unik, kaya unlimited style. Dia tuh benar-benar punya amarah yang luar biasa, ingin tampil. Jadi dia fashion-nya tuh out of the box," pungkas dia.

Fashion Cruella versi Ivan Gunawan ini style-nya dibuat lebih mengarah ke glam rock.

"Mungkin untuk aku, lebih mudahnya mencari gambaran inspirasi melihat seperti style glam rock-nya Madonna di era tahun 80 mengarah ke 90-an. Terus ada unsur Lady Gaga-nya juga sedikit. Walaupun film ini setting-nya era 70-an," pungkas Ivan Gunawan.