Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

8 Motif Batik Kontemporer Berbagai Daerah, Penuh Warna Cantik Memikat

Selasa, 8 Juni 2021 | 12:23 WIB
Foto :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
Pameran Batik

VIVA – Sejak beberapa tahun belakangan ini batik menjadi salah satu item fashion yang mulai digemari di kalangan anak muda. Warnanya yang cerah dan dapat dipadupadankan untuk berbagai acara membuat batik saat ini begitu populer.

Berbicara batik, batik sendiri terdiri dari batik klasik dan batik kontemporer. Batik klasik bersifat tradisional dan desainnya sudah dipakai secara turun-temurun. Jadi, bukan sembarang desain.

Baca Juga

Ada identitas budaya, sejarah, bahkan sisi spiritual dan mistis. Salah satu ciri khas batik klasik yang paling terlihat adalah warnanya yang cenderung gelap dengan corak-corak simbolis seperti parang, tumpal, kawung, dan seterusnya.

Sementara corak batik bergaya kontemporer jauh lebih modern. Ini terlihat dari sentuhan warnanya yang jauh lebih cerah karena memakai pewarna buatan. Corak desainnya pun tidak terbatas seperti corak batik klasik. Biasanya, batik modern juga tidak memiliki makna khusus seperti pada batik klasik.

Lantas seperti apa batik motif batik kontemporer? Berikut ini 8 Motif Batik Kontemporer dari Berbagai Daerah

1. Batik DKI Jakarta

Dengan sentuhan warna-warna yang cerah, batik Betawi ini sering dikenakan dalam beberapa acara kebudayaan di Jakarta seperti Pemilihan Abang None Jakarta. Coraknya seringkali menampilkan gambang kromong, nusa kelapa, pucuk rebung, hingga ondel-ondel.

Photo :

2. Motif Pring Sedapur

Berasal dari  Magetan, Jawa Timur, motif batik  ini hadir dengan corak yang sederhana. Motif batik didominasi dengan gambar tanaman bambu. Corak ini melambangkan hidup yang rukun serta tentram, sederhana namun tetap menawan.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler