Oleskan Bubuk Kopi ke Kulit, Jangan Kaget Lihat Hasilnya

Ilustrasi bubuk kopi.
Sumber :
  • Pixabay/Elias Shariff Falla Mardini

VIVA – Bagi pecinta kafein, tidak ada hal yang lebih membahagiakan selain menikmati secangkir kopi di pagi hari. Terlebih, menyeruput kopi juga dapat menambah energi dan meningkatkan metabolisme.

Tapi, pernahkah kamu mencoba menggunakan bubuk kopi tanpa diseduh? Ya, kamu dapat memanfaatkannya untuk dibuat masker, scrub hingga pasta, lalu mengoleskannya ke kulit.

Kopi yang kaya akan antioksidan serta fenol dapat membantu melawan radikal bebas, penyebab kerusakan kulit. Berikut beberapa manfaat bubuk kopi untuk kulit dan cara memanfaatkannya, dilansir Healthline, Kamis 24 Juni 2021.

Mengurangi selulit
Kopi dapat membantu mengurangi selulit pada kulit. Kandungan kafein dalam kopi, mampu melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan. Pada gilirannya, ini dapat membantu mengurangi munculnya selulit. 

Cara yang paling baik adalah menggunakan scrub kopi. Karena pengelupasan kulit setelah scrubbing dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit jadi lebih merata. 

Anti penuaan
Mengoleskan langsung bubuk kopi ke kulit dapat membantu mengurangi munculnya bintik hitam karena matahari, kemerahan dan garis-garis halus di kulit. Faktanya, satu studi menemukan, ada korelasi langsung antara minum kopi dengan penurunan efek photoaging

Mencegah kanker kulit 
Kopi kaya akan vitamin B3 (niasin), berkat pemecahan senyawa kunci yang disebut trigonelin. Trigonelin akan terurai menjadi niasin ketika biji kopi dipanggang. Menurut Yayasan Kanker Kulit, niasin dapat membantu mencegah kanker kulit nonmelanoma dan mencegah pertumbuhan kulit lainnya. 

Mengobati jerawat
Dalam kasus luka atau infeksi kulit yang sering, penggunaan bubuk kopi secara teratur dapat membantu memerangi masalah tersebut dari bakteri berbahaya. Kopi juga memiliki sifat anti inflamasi dan antibakteri. Memanfaatkan bubuk kopi sebagai scrub alami, dapat membantu melawan jerawat. 

Lingkaran hitam di bawah mata
Menurut Beverly Hills MD Cosmeceuticals, kandungan kafein dalam kopi diduga bisa membantu melebarkan pembuluh darah yang berkontribusi menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. 

Caranya, campurkan masing-masing 1 sendok teh bubuk kopi dan minyak zaitun. Lalu, tambahkan beberapa tetes air hingga menjadi pasta. Tepuk-tepuk dengan lembut di bawah mata tanpa menggosoknya. Diamkan selama 10 menit. Kemudian, bilas dengan air atau bersihkan dengan kain lembut. Ulangi sesuai kebutuhan. 

Cara membuat masker kopi
Campurkan minyak zaitun dan bubuk kopi dengan jumlah yang sama. Oleskan ke wajah dengan gerakan melingkar. Diamkan masker antara 15 - 60 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat dan ulangi tiga kali seminggu.