Tips Mudah dan Alami Usir Kecoak di Rumah

Serangga Kecoak.
Sumber :
  • Terminix

VIVA – Serangga seperti kecoak yang bersarang di dalam rumah dapat menjadi sumber penyakit bagi keluarga Anda. Menjaga agar rumah terbebas dari kecoak sangatlah penting. 

Selama ini pilihan mengusir kecoak dalam rumah jatuh pada semprotan kimia, namun dalam jangka panjang semprotan kecoak ini ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan.

Cara lain yang bisa dipilih adalah dengan cara alami, walaupun prosesnya lebih lamban dibandingkan dengan bahan-bahan kimia. Namun akan lebih sehat bagi keluarga, ketimbang menggunakan produk dengan kandungan kimia di dalamnya. 

Seperti dilansir dari Mother Nature Network, berikut adalah tips menyingkirkan kecoak secara alami. 

1. Membersihkan setiap sudut ruangan

Kecoak sangat tertarik dengan sisa makanan, dan minyak yang menempel di sudut-sudut ruangan seperti dapur, karenanya penting untuk menjaga kebersihan rumah Anda. Pastikan Anda rajin mengosongkan tempat sampah, menyapu dan mengepel lantai dengan baik sehingga tidak ada remahan makanan atau sisa makanan yang tertinggal. Serta langsung mencuci segala piring kontor, sehingga tidak meningalkan sisa makanan. 

2. Menutup seluruh celah dan lubang

Setelah rumah terjaga kebersihannya, yang harus dilakukan berikutnya adalah menutup segala celah dan lubang yang ada. Seperti sela-sela pada pintu dan jendela yang terhubung langsung dengan luar, saluran wastafel, hingga kamar mandi. Perlu diingat kecoak dapat masuk dari lubang sekecil apapun, jadi tutup segala celah kecil yang memungkinkan menjadi pintu masuk kecoak di rumah Anda. 

3. Perbaiki keran yang bocor

Kecoak tertarik kepada ruangan yang lembap, karena itulah mudah menemukan kecoak berlarian di bawah wastafel Anda. Kecoak dapat bertahan berbulan-bulan tanpa makanan, namun tidak dengan air. Karena itulah bagian bawah wastafel yang bocor merupakan sarang terbaik bagi mereka, untuk mencegahnya pastikan wastafel Anda selalu dalam keadaan baik dan tidak bocor. 

4. Buat umpan alami untuk kecoak sendiri

Selain mencegah, membuat racun alami bagi kecoak merupakan pilihan tepat. Campuran asam borat, dan gula halus dapat memikat kecoak untuk datang. Meskipun asam borat tidak beracun untuk manusia dan hewan peliharaan, namun asam borat dengan ampuh membunuh kecoak dengan cepat. Anda dapat meletakkan umpan tersebut pada area-area bersarangnya para kecoak seperti bawah wastafel, bawah lemari pendingin, dan pojok-pojok di rumah Anda. 

5. Pastikan suhu ruangan sejuk 

Kecoak menyukai suhu panas, sehingga ketika musim panas datang banyak kecoak yang memutuskan untuk mengeksplor daerah mereka dengan berkeliaran bahkan terbang. Karenanya penting untuk menjaga suhu ruangan agar tetap dingin, kecoak enggan masuk ke rumah Anda. (ren)