Cari Hunian Baru? 6 Hal Ini Wajib Anda Perhatikan Sebelum Beli

Program Move in Quickly dari Sinar Mas Land.
Sumber :

VIVA – Memiliki tempat tinggal yang aman dan nyaman memang telah menjadi keinginan banyak orang. Terlebih bisa memiliki hunian di kawasan yang dekat dengan pusat-pusat perkantoran dan aktivitas lainnya.

Karena itu penting untuk bisa mencari sebuah tempat tinggal yang dapat mengakomodir kebutuhan dan aktivitas sehari-hari.

Nah, jika Anda berencana memiliki hunian atau tempat tinggal dalam waktu dekat, perhatikan 6 tips penting berikut ini sebelum Anda memutuskan untuk membeli.

1. Lokasi Bangunan

Lokasi strategis seperti dekat dengan area pusat perkantoran, perbankan, rumah sakit, dan perbelanjaan memang menjadi preferensi banyak orang. Namun demikian, harga yang ditawarkan pun juga cukup tinggi. Untuk itu, ada baiknya Anda melakukan survei langsung dengan meninjau lokasi bangunan, apakah sesuai dengan deskripsi yang disampaikan atau tidak. Intinya, pilih lokasi sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini.

2. Periksa Legalitas Tanah dan Bangunan

Hal penting kedua berkaitan dengan sertifikat legal, baik tanah dan bangunannya. Kepemilikan dengan sertifikat legal ini penting untuk Anda miliki. Jika suatu hari terjadi masalah sengketa tanah, Anda memiliki bukti kuat yang menyatakan kalau tanah dan bangunan tersebut sudah menjadi milik pribadi.

3. Kondisi Keamanan Lingkungan

Apabila rumah yang ingin Anda beli berada di luar komplek perumahan, sebaiknya pilih rumah yang sudah memiliki lingkungan dengan sistem jaga malam atau ronda untuk memantau keamanan setempat. Dengan demikian, rumah warga aman dari kemungkinan adanya pencurian. Jadi, pastikan area hunian yang akan Anda tempati memiliki sistem keamanan yang baik.

4. Gaya Hidup Pribadi

Pemilihan area hunian juga dipengaruhi oleh gaya hidup pribadi. Bagi Anda yang berprofesi sebagai pebisnis, sebaiknya memilih rumah yang terletak di lokasi industri atau perkantoran. Sedangkan Anda yang berprofesi sebagai sosialita, rumah yang dekat dengan pusat perbelanjaan, kafe, bar dan perhotelan dirasa lebih cocok. Pastikan Anda memahami apa yang Anda butuhkan dan lokasi hunian Anda dapat menunjang aktivitas Anda sehari-hari.

5. Cara Pembayaran

Ada dua metode pembayaran rumah, yaitu tunai atau cicilan. Jika kondisi finansial Anda terbatas, maka metode cicilan adalah yang terbaik. Tapi, perhatikan persentase DP yang dibayar, tingkat suku bunga, jangka waktu cicilan dan denda keterlambatan membayar. Perhatikan kondisi finansial secara teliti agar Anda tidak salah memilih cicilan.

6. Rencana Pengembangan Kawasan

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan, Anda juga perlu melihat rencana pengembangan kawasan hunian yang diminati. 

Hal ini penting karena terkait dengan kemudahan akses transportasi serta fasilitas yang ditawarkan di masa depan, sehingga secara tidak langsung akan semakin meningkatkan harga hunian dari tahun ke tahun.

Untuk memudahkan Anda memiliki properti siap huni, Sinar Mas Land melalui program Move in Quickly tawarkan kemudahan pembayaran.

Dalam program Move in Quickly, Anda bisa mendapatkan promo spesial mulai dari free BPHTB, keringanan harga sampai dengan 15 persen untuk pembayaran menggunakan KPR dan keringanan harga sampai 20 persen untuk cara pembayaran tunai dengan kisaran harga properti Rp500 juta - Rp8,3 miliar.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memilih skema promo sesuai periode yang Anda inginkan.

  • Periode pertama berlangsung dari 22 Maret – 30 Juni 2020. Pada periode ini, Sinar Mas Land memberikan keringanan pembayaran sebesar hingga 15 persen kepada konsumen yang membeli produk ready stock lewat KPR Express. Untuk pembelian ready stock dengan pembayaran tunai, konsumen dapat memperoleh keringanan harga sampai 20 persen. Konsumen yang membeli unit under construction melalui KPR dapat mencicil DP sebesar 15 persen sebanyak 12 kali dan ditambah lagi keringanan 15 persen dari nilai akad kredit.
  • Periode kedua berlangsung dari 1 Juli – 30 September 2020. Konsumen yang membeli ready stock dengan KPR Express pada periode ini akan mendapatkan keringanan pembayaran sebesar 10 persen. Bila membeli dengan pembayaran tunai, konsumen dapat menikmati keringanan harga sebesar 15 persen. Bagi konsumen yang membeli unit under construction dengan fasilitas KPR diperkenankan mencicil DP sebesar 10 persen sebanyak sembilan kali plus keringanan sebesar 10 persen dari nilai akad kredit.
  • Periode ketiga berlangsung mulai 1 Oktober – 31 Desember 2020. Konsumen dapat menerima keringanan pembayaran sebesar lima persen jika membeli produk ready stock menggunakan KPR sepanjang waktu tersebut. Konsumen juga akan mendapatkan keringanan harga sampai 10 persen saat membeli produk ready stock dengan cara tunai

Produk-produk menarik yang bisa dipilih mencakup rumah, rumah toko (ruko), kios, dan apartemen di area Tangerang (BSD City dan Taman Banjar Wijaya), apartemen (Aerium, The Elements, dan Southgate) di area Jakarta, Cibubur (Kota Wisata dan Legenda Wisata), Batam (The Nove at Nuvasa Bay), Balikpapan (Grand City), dan Surabaya (Wisata Bukit Mas dan Apartemen Klaska).

Untuk Anda yang membeli unit under construction menggunakan fasilitas KPR dapat mencicil DP sebesar lima persen sebanyak enam kali ditambah lagi keringanan sebesar lima persen nilai akad kredit. Ini artinya semakin cepat membeli, konsumen akan menerima kemudahan yang lebih besar.


Tertarik dengan ragam penawaran menarik dari Program Move in Quickly Sinar Mas Land? Yuk, jangan sampai Anda kelewatan penawarannya. Karena makin cepat belinya, makin besar  juga keringanan yang bisa Anda dapatkan.

Untuk informasi lebih lengkap seputar promo Move in Quickly dari Sinar Mas Land, Anda bisa  mengunjungi website mereka di www.sinarmasland.com/moveinquickly atau via telepon di 021 53159000.