Masukkan Cengkih ke Dalam Lemon, Nyamuk Hingga Lalat Hilang Selamanya

Lemon dan cengkih.
Sumber :
  • Healthy Food House.

VIVA – Musim panas seperti sekarang ini bisa memunculkan banyak serangga. Namun, mengusir serangga bukanlah hal yang mudah. Selain itu, obat penolak serangga yang ada di pasaran juga penuh dengan bahan kimia berbahaya, seperti N-dietil-meta-toluamide, N-dietil-3-metil-benzamide, 2-hidroksietil, dan 1-metil propil.

Sebagian besar produk ini mengandung DEET, yang telah terbukti beracun bagi sistem saraf pusat. Juga, hasil penelitian telah menunjukkan bahwa tikus yang sering terpapar obat pengusir serangga, mengembangkan perubahan perilaku.

Zat kimia yang terkandung dapat menyebabkan kematian neuron di beberapa bagian otak, dan dengan demikian menyebabkan masalah memori, perubahan cara berpikir dan pergerakan otot. Karena itu, akan lebih baik untuk memilih cara alami. 

Cengkih merupakan penangkal lalat yang kuat, karena lalat membenci aromanya. Sebagian besar serangga tidak menyukai rempah-rempah dengan aroma kuat, jadi akan sangat berguna untuk meletakannya di dekat pintu, demikian dikutip Healthy Food House

Minyak esensial cengkih juga efektif mengusir nyamuk. Kamu dapat mencampurnya dengan minyak zaitun, alkohol gosok, atau air, dengan perbandingan 1:10, dan membuat losion pengusir nyamuk berbasis cengkih buatan sendiri. Semprotkan ke seluruh bagian tubuh yang terbuka, tapi hindari mata dan mulut. 

Lemon merupakan penolak lalat lainnya. Untuk efek terbaik, padukan dengan cengkih. Caranya, potong lemon atau jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu tancapkan 6-12 cengkih ke dalam lemon atau jeruk nipis tersebut. 

Tempatkan buah-buahan dengan cengkih tersebut di atas piring dan letakkan di atas meja. Dengan cara ini, serangga tidak akan lagi datang. 

Selain itu, vitamin B1 juga bisa menjadi senjata ampuh untuk melawan nyamuk, karena mampu menutupi bau alami tubuh yang menarik nyamuk. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi spirulina dosis 300 mg setiap hari, karena merupakan sumber vitamin B1 terbaik.