Tips Rawat Tanaman Hias Ala Titi Kamal

Titi Kamal
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Sejumlah selebritis tanah air saat ini tengah gandrung menggeluti hobi koleksi tanaman hias. Salah satunya adalah Titi Kamal. Titi diketahui mulai memelihara tanaman hias sejak April 2020 lalu ketika awal kasus virus corona mulai mengkhawatirkan.. 

Sejumlah tanaman hias pun memenuhi teras depan rumahnya dan teras lantai dua rumahnya. Sebut saja tanaman jenis begonia, lili paris, pilea, monstera, janda bolong, kaktus koboi, kuping gajah dan sebagainya terlihat memenuhi teras rumahnya. 

Dalam vlognya, Titi Kamal pun memberikan sejumlah tips memelihara tanaman hias. Berikut ini rangkuman memelihara tanaman hias ala Titi Kamal.

Penyiraman
Titi menjelaskan untuk memelihara tanaman hias perlu memerhatikan kuantitas penyiraman. Dia menyebut saat menyiram tanaman hias jangan sampai berlebihan sehingga air menggenang di bagian atas. Sebab jika menggenang menyebabkan akar tanaman bisa membusuk. 

"Tanaman juga enggak hanya disiram air aja tapi bisa kasih serum sama pupuk berkala ada 1 bulan ada 2 bulan tapi jangan kebanyakan nanti kebakar daunnya," kata dia.

Baca Juga: Titi Kamal Keranjingan Koleksi Tanaman Hias, Pesan Suami Menohok

Pasokan matahari
Pasokan matahari juga harus cukup, Titi menyebut pemilik tanaman hias harus tau mana tanaman hias yang memang untuk disimpan indoor dan outdoor. "Kalau ada daun yang kebakar artinya dia ga kuat (matahari) harus dipindahin tempatnya, posisinya," jelas dia.

Re-pot-ing berkala
Penting untuk secara berkala tanaman dipindahkan dari potnya. Misalnya jika tanaman itu tumbuh lebih besar dari potnya harus dipindah ke pot yang lebih besar agar lebih berkembang.

"Tapi jangan lukai akarnya. Bagian bawah pot nya juga gak boleh ditambal atau ditutup alas biarkan dibuka kalau dikasih penutup kayak alas ada beberapa yang survive ada yang lemas karena kayak gak nafas gitu," jelas Titi.

Pemangkasan rutin
Jika ada daun tanaman yang berubah warna menjadi kuning, Titi menjelaskan harus segara di pangkas agar tidak menularkan ke daun yang lain, serta agar daun baru bisa tumbuh . 

Perawatan daun
Agar daun mengkilap, Titi juga menyarankan bisa menyemprotkan daun dengan campuran air dan susu bubuk. Setelah disemprot daun bisa dilap dengan lembut.