Cantiknya Sirih Gading dan Janda Bolong dalam Media Tanam Air

Janda bolong dan sirih gading dalam media tanam air
Sumber :
  • YouTube Manthul Manthul

VIVA – Sirih gading atau sri gading, merupakan salah satu tanaman hias favorit yang tumbuh menghiasi ruangan dan pekarangan. Berasal dari keluarga Araceae, tanaman ini dianggap sebagai tanaman hias rumahan yang populer di daerah beriklim sedang. Tak cuma sirih gading, janda bolong hingga saat ini juga masih jadi tanaman hias favorit untuk mempercantik rumah.

Selain berfungsi sebagai ornamen penghias taman atau rumah, tanaman sirih gading juga memiliki manfaat kesehatan. Sirih gading diketahui dapat menyerap racun dan polusi udara, selain itu sirih gading juga dapat mengolah racun menjadi pasokan oksigen segar. 

Sama halnya dengan sirih gading, janda bolong juga memiliki manfaat memperbaiki kualitas udara di rumah dan yang pastinya, tanaman hias ini juga bisa memanjakan mata.

Sirih gading dan janda bolong sama-sama diketahui dapat mengatur sirkulasi udara di dalam ruangan, membantu menetralisir ruangan dari bau amis. Sirih gading diketahui dapat membantu menghilangkan bau asap rokok hingga dapat menenangkan kondisi psikologis. 

Photo :
  • YouTube Menthul Menthul

Bisa tumbuh merayap setinggi 20 meter, dengan diameter batang mencapai 4 cm, tanaman sirih gading akan memanjat dengan akar yang menempel pada permukaan kulit kayu. Sehingga tampak indah bagaikan tanaman liar di hutan tropis. Demikian juga dengan tanaman janda bolong.

Jika pada umumnya tanaman hias ini sering terlihat ditanam dalam media tanam tanah, ada lho cara mudah lain yang bisa menumbuhkan tanaman sirih gading dan janda bolong. Lalu bagaimana cara memelihara dua tanaman ini? Untuk memelihara tanaman janda bolong dan juga sirih gading ini cukup mudah.  Bukan cuma tumbuh di tanah, janda bolong dan sirih gading juga bisa tumbuh dengan media taman air.

Dalam channel YouTube, menthul menthul dijelaskan untuk menanam sirih gading dan janda bolong dengan media tanam air dengan cara di stek. Untuk media air bisa gunakan air mineral yang ditaruh ke dalam gelas atau wadah yang diinginkan. 

Langkah yang dilakukan adalah potong tanaman sirih gading dengan batang yang terlihat tunasnya, kemudian masukkan ke dalam air yang sudah ditaruh dalam wadah. Simpan hingga tumbuh akar baru. Sama halnya dengan sirih gading, janda bolong jika ingin ditanam dengan media tanam air, caranya juga sama. Tinggal potong bagian batang lalu letakkan dalam toples berisi air. Mudah bukan? Yuk coba di rumah tanam sirih gading dan janda bolong.