Diana Dobrak Tradisi Melahirkan Kerajaan Inggris, Meghan Akan Ikuti?

Putri Diana
Sumber :
  • instagram.com/kensingtonroyal

VIVA – Putri Diana meninggalkan jejak yang tidak bisa dielakkan pada keluarga kerajaan, terutama terkait dengan perannya sebagai ibu dari dua pangeran. Dari mengirim William dan Harry ke taman kanak-kanak daripada home schooling hingga membiarkan mereka makan pizza dan kulit kentang. Dia membuka jalan yang membuat kerajaan tampak seperti keluarga biasa.

Selain itu, mentalitas seorang ibu sederhana sudah terpancar dari sosoknya bahkan sebelum kelahiran dua anaknya. Melahirkan di rumah merupakan sebuah norma bagi kerajaan dan keluarga nonkerajaan yang sama hingga abad ke-20, tapi keluarga kerajaan tetap saja keluarga kerajaan, mereka tidak akan mengubah tradisi hanya karena melahirkan di rumah sakit menjadi hal populer.

George IV lahir di Sandringham Estate di tahun 1895, Ratu Elizabeth II lahir di rumah kakek-neneknya di tahun 1926, dan Pangeran Charles lahir di Istana Buckingham tahun 1948. Jadi, saat Diana menuju rumah sakit untuk melahirkan, hal itu cukup menimbulkan kontroversi.

William merupakan calon raja pertama yang lahir di rumah sakit saat ibunya memilih Lindo Wing di St. Mary's Hospital tahun 1982, mengikuti jejak saudara iparnya Putri Anne. Hari itu juga menjadi preseden bagi kelahiran keluarga kerajaan di masa depan. Tidak hanya Diana kembali lagi ke St. Mary untuk melahirkan Harry, tapi Kate Middleton juga melahirkan tiga anaknya di rumah sakit itu.

Tapi, dikutip dari laman Reader's Digest, itu bukanlah satu-satunya Diana lakukan yang mengubah tradisi kelahiran di kerajaan. Ratu Victoria melahirkan enam kali secara alami sebelum menemukan anestesi, yakni menggunakan kloroform atau obat bius, saat itu di tahun 1853. Dia terkenal tidak menyukai kehamilan tapi suka dengan kedokteran modern.

Ia menyebut, kloroform sesuatu yang diberkati, menenangkan, sunyi, dan menyenangkan. Ratu Elizabeth II juga disebut meneruskan tradisi itu dengan tiga dari empat anaknya. Ia menggunakan kloroform untuk membuatnya tidak terjaga sepenuhnya saat melahirkan.

Sementara Diana menjalani kelahiran kerajaan aktif yang pertama dan melahirkan William dengan kondisi berdiri. Sheila Kitzinger yang menghadiri kelahiran itu menuliskan dalam memoarnya yang diterbitkan dalam bentuk kutipan di Daily Mail.

Kate Middleton kemudian mengikuti jejak Diana. Duchess of Cambridge itu memilih melahirkan alami pada semua anak-anaknya.

Dengan kehadiran calon bayi kerajaan yang sedang dinanti, hanya waktu yang bisa mengungkap apakah Meghan Markle akan mengikuti jejak Diana atau meneruskan tradisi para wanita kerajaan di masa lalu. Rumor yang berhembus bahwa mantan aktris Hollywood itu memilih antara Frimley Park Hospital atau melahirkan di rumah.

Apa pun cara melahirkan yang dipilih pasangan Meghan dan Harry, mereka boleh berterima kasih kepada Diana. Itu karena telah membuat semua pilihan mereka dapat diterima.