Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

10 Benda Wajib untuk Tas Siaga Bencana

Minggu, 4 Agustus 2019 | 10:38 WIB
Foto :
  • Pixabay
Ilustrasi packing tas

VIVA – Dengan masih banyaknya bencana alam yang rawan terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia, masyarakat harus selalu waspada dan siaga kapanpun bencana itu terjadi.

Selain memahami prosedur evakuasi, ada baiknya Anda menyiapkan tas siaga bencana. Dilansir laman Evaq8, tas siaga bencana adalah tas yang berisi keperluan untuk menyelamatkan diri dalam keadaan darurat atau membutuhkan evakuasi segera.

Baca Juga

Tas ini berisi segala kebutuhan darurat pribadi yang ditaruh ke wadah yang mudah dibawa, biasanya berupa tas dengan bahan yang kuat.

Di dalam tas tersebut, berisi barang-barang yang akan Anda butuhkan, jika harus meninggalkan rumah atau tempat bekerja dengan segera. Misalnya, jika Anda diminta untuk mengevakuasi diri. Selain benda penting untuk menyelamatkan diri, Anda juga sebaiknya mengepak benda-benda pribadi seperti obat-obatan, peta, kunci-kunci, kacamata cadangan, dan salinan dokumen penting. 

Taruh tas ini di lokasi yang aman dan mudah untuk diambil di saat kejadian darurat terjadi. Lantas, apa saja barang-barang penting yang wajib dimasukkan ke dalam tas siaga bencana?

Air
Masukkan setidaknya 1,5 liter air minum untuk satu orang per hari. Anda bisa memasukkan air minum kemasan, tetapi perlu diketahui kalau air ini punya masa simpan terbatas jadi Anda harus menggantinya dalam interval waktu tertentu.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler