Raditya Dika Unggah Klarifikasi KKN Desa Penari

Raditya Dika.
Sumber :
  • VIVA/Maria Margaretha Delviera

VIVA – Tagar #kkndesapenari sempat heboh dan menjadi topik terpopuler di Twitter. Utasan ini mengisahkan cerita horor sebuah tim kuliah kerja nyata beberapa mahasiswa. Dalam cerita yang diklaim sebagai kisah nyata tersebut, ditemukan banyak keganjilan.

Awalnya, yang membuat utasan kisah #kkndesapenari ini adalah akun Twitter @Simplem81378523. Akun ini mengunggah kisah KKN di Desa Penari pada 24 Juni 2019. Kisah ini kemudian banyak dibaca dan sempat merajai lini massa Twitter.

Bahkan, komika, sutradara dan produser Raditya Dika pun membahas dalam kanal YouTube-nya. Dalam video yang diunggah Dika, dilansir 1 September 2019, ia mencoba menghubungi si pemilik akun.

Dika memberikan 10 pertanyaan kepada pemilik akun tersebut. Pertanyaan pertama yang diajukan adalah, "Bagaimana keaslian cerita ini dan berasal dari siapa sebenarnya cerita ini?"

Baca juga: 

"Cerita ini pertama kali saya dengar dari teman ibu saya. Saya mendengar, dia pernah bercerita punya pengalaman tidak mengenakkan saat dulu berkuliah di salah satu universitas di kota dekat tempat tinggal saya," ujar pria yang mengaku sebagai pemilik akun tersebut.

Rekaman suara yang terdengar seperti suara pria tersebut, bercerita panjang lebar mengenai kisah KKN di Desa Penari. dan ia mengaku bahwa ceritanya tidak seratus persen murni. Ada yang dikurangi dan ada yang dilebih-lebihkan. Termasuk, jumlah mahasiswa yang ada dalam cerita itu.

Dalam cerita tersebut, ada enam mahasiswa yang terlibat, mulai dari Ayu, Widya, Nur, Anton hingga Bima. Namun pada cerita aslinya, ada 18 mahasiswa yang terlibat, dan belum termasuk dosen pengawas. Cerita lain yang tidak sama adalah, saat ada dua mahasiswa yang diberi bingkisan berisi kepala monyet.

"Bisa disimpulkan, bahwa cerita yang saya tulis tidak murni seperti cerita yang saya dengar. Ada bagian-bagian yang tidak saya tulis, dan ada bagian yang saya lebih-lebihkan, dan ada bagian yang saya kurangi. Tapi, ada juga cerita yang murni sama seperti aslinya," kata dia.

Mau tahu cerita selengkapnya? Simak melalui video di bawah ini: