Ada di Seluruh Dunia, Hantu Boogeyman Penculik Anak Nakal

boogeyman
Sumber :
  • flickr

VIVA – Kita mengenal teror Boogeyman lewat film horor besutan Hollywood. Dalam film Boogeyman, Tim kecil trauma setelah melihat ayahnya diseret oleh hantu Boogeyman. Akibatnya dia takut sewaktu-waktu hantu jahat itu muncul dari bawah kasur atau dari dalam lemari.

Bukan cuma tokoh dalam film horor, Boogeyman ternyata telah diceritakan sejak beberapa abad. Teror Boogeyman disampaikan untuk menakuti anak-anak supaya mereka berkelakuan baik. Sosok Boogeyman pun dikenal di seluruh dunia dengan berbagai nama, seperti Krampus, El Coco, Old Hag dan Baba Yaga. "Hampir setiap budaya punya versi tersendiri untuk Boogeyman," tulis Destination America, dikutip dari bustle.

Nama Boogeyman diyakini berasal dari kata 'bogge', sebuah legenda yang berasal dari Skotlandia. Ada laporan kalau hantu Boogeyman sudah muncul sejak tahun 1500-an. Tapi konsepnya sudah ada jauh sebelum masa itu. Agak susah melacak dari mana Boogeyman berasal. "Boogeyman dikenal secara global, makanya susah untuk menentukan negara pertama yang menceritakan si hantu," tulis Mythology. Satu hal yang pasti, Boogeyman muncul dari kegelapan saat malam hari untuk menculik anak-anak nakal yang enggak mau menuruti orang tuanya.  

Meski asal muasal Boogeyman susah untuk ditelusuri, cerita seputarnya sama di seluruh kebudayaan. "Boogeyman diciptakan supaya kita mengikuti peraturan," tulis Scientific American. Boogeyman tidak berwujud jadi dia bisa berada di mana saja. Bisa saja dia mengintai dari bawah tempat tidur, bersembunyi di dalam lemari atau menunggu mangsa dari balik pohon di dalam hutan.

Mungkin itu yang membuat Boogeyman misteri, karena tidak memiliki bentuk yang pasti. Tidak ada gambaran pasti soal wujud si hantu, hal ini berbeda dengan makhluk kegelapan lain yang bisa dikenali dari ciri fisiknya. Bisa dibilang, meski lebih sering berwujud laki-laki, sebenarnya Boogeyman tidak memiliki gender. Menurut the House Of Monsters, "Boogeyman hanyalah personifikasi tanpa bentuk dari teror. Dia bisa menjadi apa pun yang Kamu takuti."