Mau Karier Sukses di 2020? Terapkan 5 Resolusi Tahun Baru Ini

Ilustrasi wanita bekerja di kantor.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Selamat tinggal 2019 dan selamat datang 2020. Menyambut tahun yang baru, saatnya mengingat-ingat dan mengambil pelajaran atas kesalahan yang kamu lakukan setahun belakangan, termasuk dalam hal pekerjaan. 

Jika kariermu di 2019 masih stagnan dan biasa-biasa saja, mungkin ada yang harus kamu perbaiki di 2020 nanti. Untuk membantu kamu, coba terapkan lima resolusi berikut ini supaya karier kamu enggak mandek di situ-situ saja, seperti dikutip dari Times of India. 

Ciptakan personal branding

Sangat penting untuk menciptakan personal branding. Kalau kamu selama ini sudah merasa bekerja keras namun tidak dilirik oleh atasanmu, saatnya kamu menciptakan personal branding. Bangun citra kamu sedemikian rupa, setiap kali ada proyek atau pekerjaan penting, pastikan kamu yang terlibat terlebih dahulu dan bukan orang lain. 

Jadilah pekerja cerdas

Pilihlah dengan bijak apa yang akan kamu kerjakan. Penting untuk menginvestasikan keringat dan energi kamu untuk pekerjaan yang sepadan dengan gaji dan pertumbuhan kariermu. Kerjakanlah pekerjaan yang dapat membantu kamu membangun fondasi karier yang panjang dan berbuah.

Keluar dari zona nyaman

Prediktabilitas adalah musuh terburuk kamu untuk maju. Jika kamu terlalu mudah ditebak dan semakin menyukai zona nyaman, kamu harus segera keluar dari zona tersebut. Jika kamu ingin tumbuh secara profesional di 2020, jadikan ini sebagai resolusi di tempat kerja kamu, yaitu keluar dari zona nyaman dan melakukan sesuatu yang baru. 

Cintai pekerjaan bukan perusahaan

Industrialis TI India dan salah satu pendiri Infosys NR Narayama Murthy pernah berkata, "Cintai pekerjaan Anda, tetapi jangan pernah jatuh cinta pada perusahaan Anda, karena Anda tidak pernah tahu kapan perusahaan berhenti mencintai Anda." Jujur dan tuluslah pada pekerjaan kamu. Jangan bekerja hanya untuk mencari muka pada atasanmu. Karena itu tidak akan membantu kamu tumbuh. Tetapi dedikasi, ketulusan dan kerja keras kamu pasti akan membuahkan hasil. 

Jadi yang terbaik apapun yang kamu lakukan

Tidak ada jalan pintas untuk menuju kesuksesan. Kamu tidak akan sukses jika kamu tidak melakukan yang terbaik dalam semua hal yang kamu lakukan. Jadi, tetapkan tujuan dan bekerja keraslah untuk mencapainya. Jangan membuang-buang waktu dan jadilah yang terbaik dalam semua hal yang kamu lakukan.