Pesan Haru Cari Ayah di Uang Rp1.000 Malah Bikin Warganet Debat

Pesan di uang Rp1.000.
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Kehilangan orang yang disayang yang pergi meninggalkan rumah entah ke mana memang menyedihkan dan seringkali membuat kita bingung. Biasanya, kita akan melakukan segala cara untuk mencarinya, mulai dari lapor polisi, bertanya pada orang-orang, menyebar brosur orang hilang, dan lain sebagainya. 

Begitupun dengan yang dilakukan oleh seorang anak berikut ini. Mungkin saking sudah tidak tahu harus mencari sang ayah ke mana, wanita ini sampai menulis pesan mengharukan di selembar uang kertas dengan nominal Rp1000.

Adalah pemilik akun Twitter @bananabier yang menemukan uang dengan pesan menyedihkan tersebut. Ia kemudian mengunggah potret uang kertas bertuliskan kata-kata mengharukan itu di akun Twitter-nya.

"Pas buka" laci eh nemu uang seribuan, pas aku liat di situ ada tulisannya, kasian dia lagi mencari ayah nya lewat uang," tulis @bananabier, dikutip VIVA, Rabu 15 Januari 2020.

Tulisan pada uang kertas bergambar pahlawan Pattimura tersebut dibuat pada 19 April 2014. Di dalamnya berisi pesan sang anak yang meminta ayahnya untuk pulang. Ia juga menulis kalau sang ibu sangat mengharapkan ayahnya itu bisa pulang dan selalu berdoa untuknya. Bahkan, anak ini turut mencantumkan nomor ponsel untuk dihubungi. 

Namun, bukannya terharu, warganet malah berdebat dan meragukan kalau pesan yang ada di uang kertas tersebut benar-benar ditulis oleh seorang anak untuk ayahnya. Mereka malah menganggap kalau pesan ini ditulis seorang wanita yang mencari suaminya. Bahkan ada yang mengira kalau ini ditulis oleh orang yang sedang pacaran, yang menggunakan panggilan sayang ayah bunda. 

"lha aku mikirnya malah bukan org nyari ayahnya / nyari pacarnya. aku mikirnya ini istri nyari suaminya," tulis warganet. 

"Aku mikirnya bukan cari ayah (orangtua) tapi mikir kalo pcrn manggil ayah bunda, semoga tidak plot twist dan cpt ktmu ayahnya ya mie," tambah warganet lain. 

"Ak pun mikir gini :(," satu lagi menyatakan setuju dengan pernyataan warganet lain. 

Namun, ada juga yang menganggapnya serius dan menyarankan untuk menghapus postingan ini, karena ditakutkan sang pemilik malah akan kena masalah dan dilaporkan ke pihak Bank Indonesia. Karena mencoret-coret uang bisa diancam hukuman penjara. 

"Simpen aja uang nya atau hapus postingan nya kak kasian takut di laporin orang ke BI. Soalnya bisa kena pasal 25 UU no 7 tahun 2011. Bisa kena hukuman penjara 5 tahun atau denda 1 M," kata @astagakiki_

"Niat cari ayah nya eh malah terjerat hukum," tambah dia.