Diselingkuhi? Begini Cara agar Cepat Move On

Ilustrasi bersedih saat ditimpa ujian.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Menjalani hubungan dengan seseorang terkadang penuh dengan lika-liku. Salah satu masalah yang paling sering dihadapi ketika menjalani hubungan adalah perselingkuhan.

Perselingkuhan pun terkadang menimbulkan trauma yang mendalam bagi dia yang diselingkuhi. Bagaimana tidak, ketika kita telah memberikan kepercayaan penuh pada pasangan, namun mereka merusak kepercayaan tersebut. 

Tidak sedikit dari mereka yang diselingkuhi akan memilih meninggalkan pasangannya tersebut. Namun, masalah yang muncul setelahnya adalah kesulitan bagi kita untuk bangkit dari keterpurukan. 

Terkadang kita malah menyalahkan diri kita atas perselingkuhan yang terjadi, bukan sampai di situ yang paling parah adalah membuat kita kurang bersemangat menjalani kehidupan berikutnya. Selain itu, akibat lainnya yang bisa terjadi akibat perselingkuhan membuat kita sulit untuk mempercayai orang lain.

Jika kalian merasa di posisi itu ada baiknya untuk segera move on. Tinggalkan dia, dan buktikan bahwa kita bisa tanpa dia. Untuk memudahkan kalian untuk move on, mengingat perselingkuhan itu menyakitkan. Ada baiknya mencoba empat tips sederhana move on seperti yang dilansir dari laman Elite Daily.

1. Sadarilah apa yang terjadi bukanlah kesalahan Anda

Selalu penting untuk menghindari tanggung jawab atas sesuatu yang bukan kesalahan Anda. Bahkan jika hubungan itu tidak sempurna, pasangan Anda seharusnya membiarkan Anda tahu bahwa mereka tidak bahagia, bukannya berselingkuh di belakang Anda.

"Mereka mungkin tidak tahu bagaimana memberi tahu [Anda] bahwa mereka [tidak] merasa dihargai, dibutuhkan, atau dilihat," kata terapis pernikahan dan keluarga Nicole Richardson kepada Elite Daily.

2. Jadikan sebagai pelajaran

Orang membuat kesalahan dan kemampuan setiap orang untuk memaafkan berbeda. Tetapi bagaimanapun juga, penting untuk Anda mendapatkan gambaran yang jelas tentang jenis perselingkuhan yang terjadi dan mengapa hal itu terjadi. Sehingga Anda bisa terhindar dari masalah serupa di kemudian hari.

"Ada berbagai jenis perselingkuhan. Emosional, seksual, atau kombinasi dari keduanya. Apa yang paling menyakitkan bagimu? Apa kamu merasa bisa atau ingin mempercayai pasanganmu lagi?" kata Richardson.

Jika Anda berpikir tidak bisa mempercayai orang itu lagi, itu tidak masalah. Hanya saja, jangan sampai Anda kehilangan kepercayaan pada pria lain padahal masih ada orang-orang yang dapat dipercaya di luar sana.

3. Biarkan emosi Anda keluar

Diselingkuhi dapat menyebabkan beberapa konsekuensi emosional yang parah. Jika Anda terluka dengan cara ini, maka biarkan diri Anda merasakan perpaduan emosi apa pun yang Anda rasakan. Menagislah, cari dukungan dari teman-temanmu dan orang-orang terkasih, dan sedikit demi sedikit, rasa sakit itu akhirnya akan berkurang.

4. Mencoba untuk memaafkan 

Sekarang, penting untuk menyadari bahwa memaafkan dan melupakan adalah dua hal yang sangat berbeda. Anda mungkin tidak akan pernah lupa bahwa dia telah menyelingkuhi Anda, tetapi itu tidak berarti bahwa Anda tidak dapat melepaskan rasa sakit dan kemarahan dengan cara memaafkan mereka. 

Apakah Anda ingin mencoba dan membuat hubungan itu berhasil atau tidak, memaafkan bisa menjadi bagian yang bermanfaat dari proses penyembuhan.

"memaafkan tidak berarti tinggal bersama. Jika Anda bertanya-tanya apakah Anda harus tetap dengan pasangan yang telah menipu Anda, naluri Anda mengatakan apa yang harus Anda lakukan," kata dia.

Jadi jangan mengabaikan perasaan Anda tentang situasinya. Diselingkuhi adalah pengalaman yang sangat sulit untuk dilupakan, jadi bersabarlah. Bahkan dengan kiat-kiat ini, move on mungkin tidak mudah. Tetapi selama Anda membiarkan diri Anda move on dengan perlahan, maka Anda akan dapat mencintai dan percaya lagi dengan orang lain.