Cegah COVID-19, 5 Video Challenge TikTok Cuci Tangan Ini Viral

Ilustrasi mencuci tangan.
Sumber :
  • Freepik/shayne_ch13

VIVA – Bukan sekadar untuk happy-happy, main TikTok ternyata juga memiliki banyak manfaat. Di tengah mewabahnya virus corona, TikTok juga dimanfaatkan banyak orang untuk membuat video challenge mengedukasi masyarakat dunia untuk rajin cuci tangan.

Ya, penggunaan aplikasi TikTok yang belakangan semakin marak, membuat beberapa kalangan melihat adanya kesempatan emas untuk mengedukasi masyarakat luas. Sejumlah video challange cuci tangan pun jadi viral. TikTok pun dianggap menjadi media yang cukup efektif untuk mensosialisasikan cara mencuci tangan yang benar.

Berikut ini adalah 5 video TikTok Challenge cuci tangan yang wajib kamu tonton.

Dokter cuci tangan

Video ini memperlihatkan empat dokter yang memperagakan gerakan cuci tangan yang benar. Diunggah oleh akun TikTok @alodokter.id, video ini sempat viral dan memperoleh banyak pujian dari warganet.

6 Langkah cuci tangan

Tidak jauh berbeda dengan video sebelumnya, kali ini seorang petugas kesehatan perempuan yang memberikan sosialisasi cara mencuci tangan. Video ini diberi tajuk enam langkah mencuci tangan.

Pejabat cuci tangan

Tampaknya tidak hanya para tenaga medis dan kesehatan saja yang ingin mengkampanyekan kebiasaan positif ini. Namun, para politisi dan pejabat juga berlomba-lomba melakukan hal yang serupa. Salah satunya Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Eitts, tapi sabar dulu ya! Karena video TikTok ini belum dapat ditonton karena belum diunggah.

Bintang Puspayoga
   
Kalau video yang satu ini datang dari salah satu Kementerian, yaitu Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemenppa). Dalam video ini, terlihat ibu menteri, Bintang Puspayoga, bersama para istri menteri lainnya melakukan gerakan cuci tangan. Mereka diketahui tergabung dalam bidang 2 OASE KIM (Kabinet Indonesia Maju)

Polisi cuci tangan
Tak mau kalah, polisi juga ternyata ingin bergabung dalam gerakan ini. Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Instagram @polisi.bali, barisan polisi yang tengah mengadakan apel ini, malah terlihat berjoget ria sambil mempraktekkan gerakan cuci tangan. Petugas polisi ini diketahui bertugas di Polres Karangasem, Bali.

Laporan: Nariyati