RI Peringkat 4 di Dunia Negara dengan Pemimpin Wanita Terbanyak

Ilustrasi pekerja kantoran
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kesetaraan gender di Indonesia semakin terwujud saat ini. Hal tersebut terbukti dengan dunia usaha yang secara aktif telah menghilangkan berbagai hambatan untuk mewujudkan kesetaraan gender di tingkat senior di perusahaan. 

Proporsi perusahaan mid-market dengan setidaknya satu wanita di jenjang manajemen senior di seluruh dunia bertahan stabil di 87 persen. Angka ini mengalami peningkatan hampir 20 poin selama lima tahun terakhir.

Data tersebut dipublikasikan pada laporan Women In Business 2020 yang dirilis bertepatan dengan International Women’s Day yang jatuh pada tanggal 8 Maret, setiap tahunnya Grant Thornton International. 

Dikutip dari laporan tersebut, Selasa 17 Maret 2020, Indonesia dan Meksiko kini menduduki urutan ke-4 dengan persentase wanita di posisi manajemen senior paling banyak yaitu sebesar 37 persen. Filipina menempati urutan tertinggi yaitu 43 persen dan diikuti oleh Afrika Selatan 40 persen dan Polandia 38 persen.

Laporan tersebut juga memperlihatkan upaya mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia pun terus meningkat. Seperti memberikan bimbingan dan pembinaan (52 persen), menciptakan budaya inklusif (35 persen), dan penetapan target/ kuota untuk keseimbangan gender di tingkat senior (31 persen). Kesemuanya memperlihatkan peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

Baca juga: Kesetaraan Gender di Tempat Kerja, Perlu Dukungan Pengusaha

Global leader, Grant Thornton International Ltd Francesca Lagerberg mengatakan, sangat menggembirakan melihat upaya yang sudah dilakukan untuk meningkatkan kesetaraan gender di dunia usaha. Khususnya ketika perusahaan-perusahaan mid-market meningkatkan upaya untuk mendorong kemajuan dan aksesibilitas ke posisi kepemimpinan untuk wanita. 

"Pada tahun 2018 kita melihat adanya peningkatan tajam dalam representasi wanita di tingkat senior, namun angka tahun 2019 tercatat stabil dan ini berarti bahwa perubahan di posisi senior masih akan terjadi,” ujarnya. 

Menurutnya, pada 2019 terdapat peningkatan pada kesetaraan gender di level pemimpin tertinggi perusahaan-perusahaan. Jika tahun sebelumnya hanya 15 persen perusahaan di dunia yang posisi CEO atau Direktur Pelaksananya dijabat oleh wanita, Pada 2019 terjadi peningkatan menjadi 20 persen. Di Indonesia juga ada sedikit peningkatan yaitu di angka 20 persen, dibanding tahun sebelumnya yang berada pada angka 19%.

Laporan Women in Business 2020 juga menunjukkan 3 posisi terbanyak yang diduduki wanita di jenjang manajemen senior di Indonesia. Yaitu Chief Finance Officer (CFO) sebanyak 48 persen, Human Resources Director sebanyak 26 persen dan Chief Information Officer (CIO) sebanyak 25 persen.

"Sedikit pergeseran dari posisi tahun lalu di mana Chief Information Officer (CIO) menduduki peringkat tiga menggantikan posisi favorit selama ini, Chief Marketing Officer (CMO)," tambahnya. 

Sementara itu, Managing Partner Grant Thornton Indonesia Johanna Gani mengatakan, penting bagi perusahaan-perusahaan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mendorong kemudahan akses bagi wanita-wanita untuk tumbuh dan berkembang. 

"Kesetaraan gender memberikan banyak manfaat bagi dunia usaha berkat sudut pandang yang lebih menyeluruh" tegasnya. 

Dia menegaskan, inisiatif tersebut juga membutuhkan peran dari para pemimpin senior pria. Selain itu menciptakan suasana pekerjaan yang fleksibel dan menyediakan pembinaan serta bimbingan akan berkontribusi signifikan terhadap kesetaraan gender. 

"Ketika semua sudah menjalankan komitmennya, transformasi yang nyata akan terjadi dengan sendirinya.” ungkap Johanna.