Viral Video Warga Nyanyi di Balkon Apartemen, Benarkah di Jakarta?

Video orang bernyanyi di apartemen viral di media sosial.
Sumber :
  • Twitter @JesWashington

VIVA – Pengguna media sosial Indonesia dihebohkan dengan beredarnya video yang memperlihatkan masyarakat yang diduga warga Jakarta bernyanyi di atas balkon apartemen di tengah pandemi virus corona seperti saat ini.

Salah satu pengguna akun Twitter bernama @JesWashington mengunggah video tersebut hingga membuat kehebohan. Dalam video tersebut terlihat masyarakat sedang bernyanyi bersama di atas balkon apartemen. Lagu yang dinyanyikan adalah lagu Rumah Kita yang dipopulerkan oleh God Bless.

This is really sweet. Jakarta gets its singing balcony moment. A song about being home in Indonesia. The performance ends with that now universal phrase ?? jiayou! #COVID2019 #CoronaIndonesia,” tulisnya.

Ternyata setelah ditelusuri, video tersebut bukanlah video asli alias edit-an. Banyak warganet yang terkecoh. Tampak juga ada warganet yang berkomentar di unggahan @JesWashington itu dan mengatakan bahwa sebenarnya video tersebut berasal dari Malaysia dan telah di-edit.

Ya, video tersebut bukan terjadi di Indonesia, tapi di Malaysia. Akun Facebook bernama Shauna Joan mengunggah video asli yang belum di-edit seperti yang saat ini sudah tersebar.

Dalam video berdurasi berdurasi 31 menit 44 detik tersebut memang benar balkon apartemen dan lingkungan di sekitar apartemen tersebut sama dengan yang ada di video yang telah di-edit. Aslinya, masyarakat yang bernyanyi di atas balkon apartemen tersebut tidak membawakan lagu Rumah Kita.

Untuk lebih jelasnya, silakan saksikan video aslinya yang menampilkan warga Malaysia bernyanyi di atas balkon apartemen, dan bandingkan dengan video hasil edit-an yang telah viral di Indonesia.