Investasi yang Punya Fasilitas Asuransi Paling Cocok untuk Milenial

Ilustrasi Milenial.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Indonesia Millenial Report 2019 mengungkapkan, sebanyak 80,2 persen milenial masih menggunakan tabungan konvensional. Sementara itu 6 persen menggunakan kartu kredit dan hanya 2,9 persen yang memiliki asuransi jiwa. Sedikit dari mereka yang telah memikirkan investi masa depan. 

Pada laporan yang sama juga disebutkan jika sebagian besar atau sebanyak 51,1 persen milenial menghabiskan pendapatannya untuk kebutuhan bulanan. Hanya 10,7 persen milenial yang mengalokasikan dana untuk tabungan.

Rendahnya kebutuhan untuk memiliki asuransi jiwa di kalangan milenial ini konsisten dengan hasil Manulife Investor Sentiment Index Study XI (MISI XI). 

Penelitian yang dilakukan pada masyarakat Indonesia dengan rentang usia di atas 25 tahun tersebut, memperlihatkan jika prioritas utama mengenai kebutuhan finansial masyarakat masih berupa simpanan dana tabungan untuk pendidikan sebesar 29 persen. Sementara untuk perlindungan jiwa hanya sebesar 1 persen.

Melihat kecenderungan rendahnya alokasi finansial milenial untuk perlindungan atau asuransi jiwa itu, menjadi Manulife Indonesia berinisiatif meluncurkan MISSION. 

Chief Marketing Officer Manulife Indonesia, Novita Rumngangun mengungkapkan, MiSmart Insurance Solution (MISSION) adalah investasi jangka panjang guna memenuhi tujuan finansial milenial. Investasi ini pun dilengkapi fasilitas asuransi hingga bisa menjamin kesehatan milenial ke depannya. 

"Kami mengerti setiap orang ingin atau telah memiliki kenyamanan hidup, melalui MISSION. Kami bermaksud untuk bisa melengkapi kenyamanan tersebut dengan memastikan tujuan finansial mereka terpenuhi," ujar Novita dikutip dari keterangannya, Jumat 27 Maret 2020. 

Sementara itu, Chief Agency Officer Manulife Indonesia Jeffrey Kie, mengungkapkan, para milenial ini akan mengalami berbagai fase kehidupan. Yakni sebagai single, mencapai karier, menikah, dan berkeluarga. 

Karena itu memiliki investasi yang punya perlindungan kesehatan bisa memastikan milenial dapat melewati fase-fase kehidupan tersebut dengan baik. 

"Milenial membutuhkan dana ekstra untuk diri dan anak-anak mereka hingga nantinya memasuki masa pensiun. Jika mereka tidak memiliki instrumen proteksi maupun investasi yang tidak mudah tergerus inflasi, mereka akan kesulitan memiliki dana yang mencukupi di masa depan,” ujar 

MISSION sendiri dilengkapi dengan asuransi tambahan berupa solusi 3 in 1. Yakni perlindungan jiwa, investasi dan solusi perlindungan kesehatan.  

Investasi asuransi ini pun punya banyak keunggulan, yaitu perlindungan tambahan untuk kesehatan (MiSHC). Yang yang memberikan penggantian biaya medical sesuai tagihan dan manfaat tahunan tambahan untuk 4 Penyakit khusus seperti kanker, serangan jantung, gagal ginjal, dan transplantasi organ

Selain itu, terdapat manfaat tambahan lain berupa perlindungan terhadap Manfaat penyakit kritis (MiSCC) dan Manfaat Pembebasan Premi Dasar (MiSWP).