Detik-detik Pria Selamatkan Rusa dari Cengkeraman Ular Piton

Rusa dililit ular piton.
Sumber :
  • India Today.

VIVA – Video-video tentang binatang buas banyak tersebar di dunia maya. Ada beberapa yang menakutkan, tapi ada juga yang membuat kita semua cukup terpana dan kadang hingga memperdebatkannya. Contohnya seperti video berikut ini.

Salah satu video dibagikan oleh pengguna Twitter bernama Vineet Vashist. Video yang ia bagikan menunjukkan seekor ular piton berukuran besar sedang membelit rusa di pinggir jalan raya. Nampaknya, piton tersebut hendak memakan si rusa. 

Namun, tiba-tiba seseorang yang tidak menunjukkan wajahnya melintas dan memberhentikan mobilnya. Ia kemudian turun dari mobilnya dan mencoba membantu rusa tersebut. Hanya berbekal ranting pohon, orang ini mencoba mengusik piton beberapa kali. 

Piton itu akhirnya menyerang orang tersebut dengan tetap membelit rusa yang nampak tak berdaya. Tidak menyerah, orang itu kembali mengusik piton dengan menggunakan batang pohon. 

Tidak sia-sia, akhirnya perjuangan pria itu menyelamatkan rusa berhasil. Ular piton melepaskan si rusa lalu melarikan diri ke dalam semak-semak. 

"Bagaimana menurutmu? Pria itu benar atau salah?" tulis @_VineetVashist di Twitter, dikutip Rabu 3 Juni 2020. 

Sejak dibagikan pada 2 Juni 2020, video ini sudah ditonton hingga lebih dari 150 ribu kali. Warganet pun turut mengomentari utasan ini. Ada yang menanggapi pertanyaan si pengunggah video, tapi ada juga yang mengomentarinya dengan bijak. 

"Mereka lebih baik dibiarkan sendiri," kata Parveen Kaswan dari Petugas Dinas Kehutanan India (IFS). 

"Sangat salah, kita tidak boleh mengganggu alam. Mereka harus mengambil jalannya sendiri. Ini bukan kebaikan, ini merugikan dan mengganggu perilaku mereka," ujar warganet. 

"Ketika Anda memiliki pilihan antara kebaikan & benar, selalu pilih yang baik," kata Susanta Nanda yang juga anggota IFS.