Hanya Sedikit Orang Bisa Pecahkan Soal Matematika Ini Tanpa Kalkulator

Seorang anak kerjakan soal matematika.
Sumber :
  • Instagram/9gag

VIVA – Lebih banyak waktu di rumah selama pandemi virus corona atau COVID-19, membuat banyak orang mencari berbagai kegiatan untuk menghabiskan waktu. Ada yang memilih membaca buku, menonton film, memasak atau berkebun.

Tapi, itu semua udah mainstream guys. Kalau Kamu mau mencoba sesuatu yang berbeda, coba pecahkan soal matematika berikut ini, seperti dikutip dari laman Healthy Food House, Senin, 8 Juni 2020.

Meski tak sedikit orang yang membenci pelajaran ini, tapi nyatanya Matematika sangat bagus untuk mengasah otak lho. Selain itu, mata pelajaran satu ini juga dapat meningkatkan keterampilan untuk membantu memecahkan masalah, serta mendapatkan solusi dalam hal keuangan.

Nah, matematika asah otak berikut ini menggabungkan logika dan matematika untuk menguji keberanian mental Lamu. Latihan ini sangat bermanfaat dan akan menguji otak dan pikiranmu menjadi lebih jernih. Jadi, jangan buang waktu lagi, dan coba selesaikan soal berikut ini tanpa menggunakan kalkulator.

Jika Kamu sudah selesai menghitungnya, yuk periksa jawabanmu sekarang. 

Jawaban yang benar adalah... 104!

Ya, jika jawabanmu tidak tepat, jangan putus asa, karena kamu bukan satu-satunya. Sebenarnya, sangat sedikit orang yang bisa menyelesaikannya saat pertama kali. 

Sekarang, mari kita pelajari aturan matematika dasar dan urutan yang diperlukan untuk menyelesaikan persamaan di atas. 

Apakah kamu ingat dengan akronim BEDMAS? 
B - kurung
E - eksponen
D - divisi
M - perkalian
A - penambahan
S - pengurangan 

Tapi, tergantung pada masing-masing negara, ada juga yang menyebut akronim tersebut dengan singkatan PEMDAS atau BODMAS.