Suka Nangis saat Iris Bawang? Ini Penjelasan Ilmiahnya

ilustrasi pria menangis.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bawang merupakan bumbu dapur yang wajib hadir pada setiap masakan. Sebab, bawang dapat memengaruhi cita rasa pada makanan menjadi lebih gurih.

Tetapi, memotong atau mencincang bawang sebagai bumbu masakan menjadi hal yang menyebalkan. Bagaimana tidak, ketika memotong bawang dapat memberikan rasa yang tidak nyaman terutama di area mata kita hingga mengeluarkan air mata.

Tapi pernahkah mengapa setiap memotong atau mengiris bawang, kamu akan mengeluarkan air mata?  Ternyata, air mata yang keluar ketika kamu memotong atau mengiris bawang adalah air mata refleks yang disebabkan semacam iritasi eksternal.

Baca juga: Selebriti Sampai Politisi, Ikut Komentari Pose Reza dengan Prilly

Air mata refleks ini pun berbeda dengan air mata basal yang selalu ada yang berfungsi sebagai pelumas mata. Air mata refleks ini pun juga berbeda dengan air mata emosional.

Air mata refleks ini nantinya akan dilepaskan dari kelenjar air mata, yang menerima sinyal dari otak untuk melakukannya. Ketika kamu memotong bawang, ada enzim yang dilepaskan ke udara menjadi senyawa yang disebut syn-propanethial-S-oxide.

Syn-propanethial-S-oxide ini adalah campuran yang memicu kelenjar air mata, karena tubuh kita mencoba melindungi diri dari 'serangan' kimia yang akan datang.

Seiring dengan berjalannya waktu tubuh kamu dapat meningkatkan batas toleransi terhadap syn-propanethial-S-oxide. Tetapi, tidak ada jangka waktu pasti sehingga ketika memotong bawang kamu hanya bisa menahan rasa sakit itu hingga berkurang sendiri. (day)