Tidak Hanya Kegiatan Belajar Mengajar, LKS Kini Berbentuk Online

Anak sedang melakukan proses kegiatan belajar-mengajar (KBM) online.
Sumber :
  • Montgomery Community Media

VIVA – Pandemi COVID-19 buat kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online atau daring. Hal ini buat pemberian tugas dilakukan serupa. Bahkan, telah hadir  platform latihan soal online yang dibuat khusus untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas 10, 11 dan 12.

Eduka Quiz dapat dikatakan sebagai perwujudan Buku LKS (Lembar Kerja Siswa) yang biasa digunakan namun berbentuk secara online," kata CEO PT Eduka Teknologi Indonesia, Ahmad Faiz Sahupala melalui siaran persnya baru-baru ini.

Guna menarik minat pelajar dalam mengerjakan soal, Edukasi Quiz dilengkapi dengan beberapa fitur. Ahmad mengungkapkan bahwa fitur-fitur ini dirancang untuk dapat membantu pengguna mudah berlatih soal mempersiapkan ulangan harian, ujian sekolah, hingga Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK).

Baca juga: Rumah WiFi Gratis Belajar Online tapi Passwordnya Bikin Keliyengan

Fitur-fitur tersebut mencakup Topik Belajar. Di mana melalui Topik Belajar, pengguna bisa mendapatkan pembelajaran yang jelas dan bermanfaat. Pembelajaran juga dibuat terstruktur perpelajaran dan persemester. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah pengguna dalam mengerjakan soal.

"Materi pada suatu bab dipecah ke konsep-konsep yang lebih kecil supaya mudah dipahami. Konsep berisi rangkuman dan mini quiz," ujar Ahmad.

Fitur lainnya adalah Quiz. Quiz dikerjakan secara berurutan, dan setiap soal diberikan batas waktu untuk menjawab. Nantinya, pengguna akan mendapat poin poin setiap menjawab pertanyaan dengan benar. Hal ini agar meningkatkan kemampuan pengguna dengan menyenangkan dan menantang.

Lalu ada juga fitur Turnamen, yakni fitur yang dirancang khusus untuk berlatih soal dalam mempersiapkan diri untuk ulangan harian, ujian tengah semester maupun ujian akhir semester. Selain itu, pengguna yang mengerjakan soal sebanyak mungkin akan mendapatkan poin yang dapat digunakan untuk ditukarkan dengan diskon. Keuntungan ini dapat ditemukan dalam fitur Trofi dan Poin.

"Dan kumpulkan juga trofi lewat Turnamen. Yuk sering juara dan jadikan nama kamu nomor 1 leaderboard," kata Ahmad.

Di sisi lain, pengguna dapat memanfaatkan fitur Statistik Personal untuk memantau perkembangan belajar. Statistik dapat menjadi acuan untuk pengguna dalam meningkatkan kemampuan mereka.