Menakjubkan, Pria Ini Pelihara 19 Ribu Ember Ikan Cupang

Ikan cupang
Sumber :
  • YouTube Irfan Hakim

VIVA – Memiliki hobi tertentu, jika ditekuni bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Hal itu pula yang dialami oleh pria bernama Fahmi Wahyudi. Berawal dari kegemarannya pada ikan cupang, kini pria itu sudah memilki hingga 19 ribu ember ikan cupang

Adalah sang mertua yang membimbing dan mengajarinya merawat ikan cupang hingga menjadi ladang bisnis yang sangat menguntungkan. Berawal dari cinta pada pandangan pertama saat melihat ikan cupang yang dipelihara oleh sang mertua, kini sarjana IT itu serius dan terjun langsung menjalani hobi sekaligus bisnisnya.

Presenter sekaligus YouTuber, Irfan Hakim berkesempatan mengunjungi peternakan ikan cupang milik Fahmi Wahyudi dan mertuanya. Di atas tanah seluas 2000 meter, hamparan ikan cupang tertata rapi dalam ribuan ember. 

Baca juga: Mengejutkan, Aktivitas Seksual Meningkat saat Pandemi pada Usia Ini

"Ini cupang semuanya? Ya Allah guys, kurang lebih 2.000 meter persegi, isinya ada 19 ribu ember cupang," ujar Irfan takjub mendengar penjelasan Fahmi Wahyudi, dikutip VIVA dari YouTube DeHakims, Jumat 25 September 2020. 

Fahmi menjelaskan, dalam satu ember hanya terdapat satu ekor ikan cupang. Karena jika disatukan, cupang-cupang tersebut akan berkelahi. Dia turut menjelaskan mengapa memilih ember sebagai tempat tinggal cupang-cupangnya. 

"Karena ini sebagai media pembesaran. Jadi semakin besar wadahnya, semakin bagus. Karena jenisnya kan giant," kata dia. 

Tidak hanya ember saja yang digunakan agar cupang bisa tumbuh dengan baik, tapi juga pada masing-masing ember harus diletakkan tanaman air, berupa daun kapu-kapu. Apa fungsinya? 

"Ini untuk peredam panas dan menyerap amonia. Jadi, ini salah satu untuk meredam panasnya," kata Fahmi yang menjelaskan kalau cupang tidak bisa hidup di cuaca dingin seperti ruangan ber-AC dan cuaca yang terlalu panas. 

Meski cupang-cupang ini masih tergolong kecil, namun ternyata ikan-ikan cantik ini sudah siap untuk dijual. Untuk harganya paling murah Rp300 ribu per ekor. Itu pun untuk kualitas yang tidak terlalu bagus. 

"Paling murah kalau kualitasnya down grade. Contohnya warnanya bagus tapi enggak besar, atau performance-nya kurang. Kalau orang bilang kedokan atau insangnya enggak terbuka," tuturnya. 

Nah, jika harga paling murahnya saja dibanderol Rp300 ribu per ekor, berapa harga satu ekor ikan cupang paling mahal milik Fahmi dengan kualitas bagus? 

" Paling mahal Rp3,5 juta - Rp10 juta, segede gini," kata Fahmi Wahyudi sambil menunjukkan ikan cupangnya yang masih baby