Populer Saat Pandemi, 6 Jenis Tanaman Hias Ini Ternyata Beracun

Tanaman hias dalam rumah
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Sejumlah hobi baru tengah diganderungi masyarakat selama masa pandemi COVID-19. Salah satunya adalah mengoleksi dan merawat tanaman hias

Dengan merawat tanaman hias selama pandemi, diakui sejumlah masyarakat membuat mereka bahagia. Lantaran dapat melihat tanaman hias tersebut tumbuh setelah mereka rawat.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata ada sejumlah tanaman hias yang beracun loh. Apa saja? Berikut ini rangkuman 6 tanaman hias beracun seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Caladium

Tanaman hias ini cukup populer di kalangan pencinta tanaman. Tanaman hias ini telah melahirkan varian-varian yang cantik dan memukau. Namun siapa sangka ternyata tanaman hias ini beracun.

Baca juga: Lagi Ngetren Tanaman Alocasia, Begini Cara Merawatnya

Apabila daun tanaman ini tertelan oleh manusia atau hewan dapat menyebabkan pembengkakan pada mulut atau lidah. Efek jangka panjangnya juga akan mengakibatkan kesulitan bernafas.

2. Zz Plant

Zz plant atau tanaman dolar ini juga menjadi salah satu tanaman hias yang tengah ngetrend di masyarakat. Namun, siapa sangka tanaman ini mengandung senyawa oksalat yang dapat menyebabkan iritasi dan gatal-gatal.

Maka dari itu jika menyentuh daun ini dengan tangan kosong segera cuci dengan sabun hingga bersih. 

3. Lidah Mertua

Lidah mertua juga menjadi tanaman hias yang tengah populer di tanah air. Selain cantik, lidah mertua juga diketahui memiliki manfaat bagi kesehatan. Sebab lidah mertua menghasilkan lebih banyak oksigen.

Hal ini dikarenakan lidah mertua mengubah banyak karbon dioksida menjadi oksigen di malam hari.

Namun siapa sangka, lidah mertua mengandung kandungan racun yang tidak terlalu tinggi. Beberapa efek samping keracunann yang diakibatkan dari tanan ini adalah diare dan muntah. 

4.  Sri Rejeki

Tanaman sri rejeki tengah populer bukan hanya karena warna yang cantik saja. Tanaman ini juga diketahui bisa menyerap polutan di udara, seperti asap rokok, dan menetralkan udara.

Tanaman sri rejeki juga bersifat antibakteri dan dapat menekan jumlah populasi spora jamur hingga 50%. Namun siapa sangka, ternyata tanaman hias ini memiliki getah yang beracun pada batang dan daun.

Kandungan kalsium oksalat pada batang dan daunnya dapat menyebabkan gatal pada bibir dan lidah serta kejang-kejang.

5. Wisteria

Tanaman wisteria juga begitu populer lantaran warnanya yang cantik. Namun tanaman ini ternyata memiliki racun pada biji yang diproduksinya.

Selain itu, seluruh bagian tanaman ini mengandung senyawa sapoin yang apabila tertelan dapat menyebabkan pusing, kebingungan, mual, muntah, sakit perut, diare, kondisi parah bisa menyebabkan pingsan. 

6. Bunga Lily

Tanaman cantik yang sudah lama populer ini juga diketahui dapat membahayakan kucing. Menurut USFDA, apabila bunga ini dimakan kucing dapat menyebabkan gagal ginjal akut.