Media Asing Sebut Bali Negara Asia Tenggara, Warganet Indonesia Protes

Pulau Nusa Lembongan Bali
Sumber :

VIVA – ’Bali and Indonesia’ menjadi menjadi trending topic di Twitter. Hal ini menyusul berita tentang lokasi syuting film animasi Disney Raya and the Last Dragon yang tayang pada tahun ini.

Dalam sebuah berita yang dirilis sea.ign.com, dituliskan bahwa tim produksi Disney Raya and the Last Dragon mengunjungi sejumlah negara di Asia Tenggara untuk mencari inspirasi. Kalimat yang menjadi perdebatan warganet adalah, dalam tulisan itu Bali dan Indonesia disebutkan sebagai dua negara berbeda di Asia Tenggara.

"Tim produksi melakukan perjalanan ke Lao, Thailand, Kamboja, Bali, dan Indonesia untuk mengambil inspirasi dari 'budaya Asia Tenggara yang indah dan beragam'," tulis berita itu.

Baca juga: Bali Bergeliat Lagi, 11 Destinasi Wisata Lolos Verifikasi

Sontak saja, berita itu memancing reaksi warganet. Tidak sedikit warganet yang kesal lantaran membaca berita tersebut.

"Bali and Indonesia Why always like this," komentar warganet.

"12 negara di Asia Tenggara dan bali adalah salah satunya WHOO ofc bali adalah negara favorit saya di Asia Tenggara," sindir warganet.

"((Bali and Indonesia)) here we go again," ujar lainnya.

"Bali and Indonesia..Kesel mana sama Borobudur in Yogyakarta? Sama keselnya," kata warganet lainnya.

"Bali and Indonesia. Bali teh termasuk Indonesia woe," komentar yang lain.

"Bali and Indonesia, so sejak kapan Bali jadi negara sendiri ya?" sindir lainnya.

Untuk diketahui, berita tersebut merupakan berita yang tayang pada Agustus 2019. Dalam berita itu, menjelaskan bahwa Walt Disney Animation Studios mengumumkan Raya and the Last Dragon, sebuah film baru yang akan datang pada Thanksgiving 2020.

Baca juga: Pariwisata Bali Mulai Menggeliat Sepanjang Agustus

Raya and The Last Dragon digambarkan sebagai "petualangan fantasi epik" yang berpusat pada "Raya" Raya adalah seorang pejuang yang sendirian dalam pencarian untuk menemukan naga terakhir." Karakter Raya digambarkan sebagai sosok yang tak kenal takut dan penuh gairah, dengan pesona kemenangan tentang dirinya.

Pengisi suara Raya diketahui adalah Cassie Steele (Rick dan Morty's Tammy); sedangkan naga, Sisu, disuarakan oleh Awkwafina. Film ini disutradarai oleh Paul Briggs dan Dean Wellins, yang bekerja di Disney's Big Hero 6 dan Frozen. Osnat Shurer dari Moana akan memproduksi, dengan naskah dari penulis Crazy Rich Asians, Adele Lim.

Tim produksi melakukan perjalanan ke Lao, Thailand, Kamboja, Bali, dan Indonesia untuk mengambil inspirasi dari "budaya Asia Tenggara yang indah dan beragam".