6 Tanaman Hias Gantung Gak Kalah Ngetren dari Janda Bolong

Tanaman hias gantung.
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Tanaman hias belakangan ini menjadi primadona bagi sebagian masyarakat. Dengan menanam tanaman hias diyakini dapat menghilangkan stres dan menaikkan mood baik selama pandemi. 

Beragam jenis tanaman hias pun bisa dipilih, mulai dari janda bolong, monstera hingga kaktus. Tidak hanya itu, belakangan tanaman hias gantung juga menjadi primadona lantaran kecantikan daun dan batang yang menjulur ke bawah.

Buat kamu yang ingin menanam tanaman hias gantung, berikut ini enam rekomendasi tanaman hias gantung seperti dilansir dari akun YouTube OBunga Deksa.

Tanaman zig-zag 

Tanaman zig-zag ini termasuk tanaman yang “paling bandel”, sebabnya jika lupa disiram selama dua hari, tanaman ini tidak layu. Kecuali jika tanaman ini ditempatkan di sinar matahari tanpa disiram, selama dua hari akan layu. Tanaman ini juga dapat ditempatkan di sinar matahari sepanjang hari.

Krokot Hijau

Biasanya ditanam di tanah, tanaman ini juga bisa ditanam di pot gantung. Jika digantung, batang tanaman ini akan menjulur ke bawah. Warna hijau putih dari daunnya terlihat cantik ketika rimbun. Untuk perawatannya, tanaman ini bisa ditaruh di tempat teduh atau tempat panas. Rajin pangkas agar rimbun, sebab pemangkasan dapat merangsang pertumbuhan daun.

Green Fall

Tanaman ini tetap tumbuh dengan baik terkena sinar matahari langsung sejak pukul 08.00 hingga 14.00. Green Fall memiliki warna daun yang cantik dengan perpaduan hijau kekuningan. Jika ditempatkan di tempat teduh, warna daunnya akan berubah hijau segar.

Blue eyes

Bunga ini dapat diletakkan pada sinar matahari mulai pukul 08.00 hingga 14.00. Namun, jika sinar matahari terlalu terik, bunga akan layu namun akan kembali segar jika disiram kembali. Potong batang Blue Eyes jika sudah panjang agar merangsang pertumbuhan bunga.

Moss rose porticala

Tanaman ini diketahui akan jarang berbunga ketika di musim penghujan. Namun, akan tumbuh subur di musim panas, terutama jika ditambah pupuk NPK dua kali sebulan atau sebulan sekali. Tanaman ini juga termasuk tanaman yang mudah dirawat. Perbanyak stek dalam satu pot dapat membantu tanaman ini semakin rimbun.

Purple Velvet

Bunga gantung ini bisa diperbanyak dengan water propagation, stek batang di rendam dalam air. Selain itu, tanaman ini juga dapat disimpan di tempat teduh atau sinar matahari langsung. Namun, perhatikan jika suhu terlalu panas bunga akan kusam.