Haru, Ustaz Yusuf Mansur Bongkar Kedermawanan Syekh Ali Jaber

Syekh Ali Jaber.
Sumber :
  • Instagram/ariekuntung

VIVA – Indonesia tengah kehilangan sosok pendakwah Syekh Ali Jaber. Kamis 14 Januari 2021, pukul 08.30, Syekh Ali Jaber meninggal dunia pada usia 44 tahun. 

Rasa duka akan kehilangan sosok Syekh Ali Jaber pun masih terasa hingga saat ini. Sejumlah orang yang mengenal almarhum pun sempat membagikan sejumlah kenangannya bersama almarhum Syekh Ali Jaber. Misalnya saja Ustaz Yusuf Mansyur yang membagikan video Syekh Ali Jaber pagi ini di akun Instagramnya.

Dalam unggahan, di akun Instagram Yusuf Mansyur, terlihat sosok Almarhum Syekh Ali Jaber yang mengenakan pakaian putih dan sorban putih di kepala dan masker merah tengah duduk lesehan bersama dengan sejumlah orang. Terlihat orang-orang tersebut nampak tengah makan di tempat tersebut.  

Namun di saat orang-orang tersebut nampak menikmati hidangan, terlihat Syekh Ali menghitung sejumlah uang. Uang tersebut kemudian dilipatnya dan dimasukkan ke dalam kantong masing-masing orang yang tengah makan tersebut. 

"Gak mau ambil, mau kasih. Masukin tangan ke saku dikira mau diambil," kata Syekh Ali yang tidak sadar tengah direkam seseorang. Simak cerita lengkapnya berikut ini.

Dituliskan caption dalam unggahan itu juga bahwa sosok Syekh Ali Jaber merupakan sosok ulama yang dermawan. Bukan hanya memberi, dijelaskan Ustaz Yusuf Mansyur, Syekh Ali juga membedah rumah-rumah masyarakat kurang mampu. 

"Ini salah 1 contoh kedermawanan Syeikh Ali. Dan ini bukan settingan, pencitraan, atau momen sesekali. Engga. Ini, ya sehari2....Orang2 miskin, pemulung2, banyak yang kehilangan Syeikh Ali. Syeikh membedah rumah orang2 miskin," tulis Ustaz Yusuf Mansyur.

Ustaz Yusuf Mansyur juga menceritakan bagaimana sikap dermawan almarhum terhadap Akbar. Seorang pemulung anak-anak yang diangkat sebagai anak oleh Syekh Ali Jaber. 

"Naekin derajat Akbar misalnya. Dibelikan pakaian baru, dibersihin, dirapihin, dibetulin, giginya di klinik gigi mahal. Didudukkan sejajar dengan dirinya. Diangkat anak. Hingga misalnya, ga ada yang tau lagi Akbar itu pemulung yang sempat viral, duduk sambil baca Qur'an. Disangkanya Akbar, ustadz muda," lanjut unggahan itu. Berikutnya sedekah mengejutkan Syekh Ali Jaber.

Pada unggahan selanjutnya, Ustaz Yusuf Mansyur juga membahas bagaimana sosok almarhum Syekh Ali Jaber yang memberikan sedekah tanpa melukai dan menghinakan seseorang. Dari video lanjutan itu juga terlihat bahwa uang sedekah yang diberikan Syekh Ali Jaber kepada setiap orang yang tengah makan di sekelilingnya itu terbilang tidak sedikit.

"Ngasih bukan recehan loh... Cobs liat? 1jt kali ya? Dan diorangin bener. Ngasih tanpa melukai dan menghinakan... Ngasih tanpa bikin susah, sedih, bahkan mati. Ngantri, berjemur, dan berdesak2an di sebagian acara pembagian santunan. Moto nya yg mau moto pun, yang dikasih. Bukan yg ngasih? Ini juga menunjukkan kelas tersendiri. Apa lagi coba hikmahnya? Mangga diliat videonya dan dishare. Kenangan bersama Syeikh Ali. Semoga jadi hidayah, taufik dan nasihat buat kita.," tulis caption Ustaz Yusuf Mansyur.