5 Manfaat Baca Yasin, Rezeki Lancar Hingga Terhindar Malapetaka

Ilustrasi membaca Alquran.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Surat Yasin dijuluki sebagai jantung dari Alquran. Terdiri dari 83 ayat, surat ini memiliki tiga hal pokok, yaitu iman kepada hari kebangkitan, kisah penduduk desa dan dalil-dalil yang menunjukkan Allah SWT itu Esa.

Dalam tradisi masyarakat Indonesia, Yasin menjadi salah satu surat yang banyak dibaca kaum Muslim pada hari Jumat, mengirim doa untuk keluarga, dibaca saat ada orang yang meninggal, atau sebagai bentuk ungkapan rasa syukur.

Berikut beberapa manfaat atau keutamaan jika kamu membaca surat Yasin.

Mendapat kebahagiaan

Jika dibaca setiap hari, Allah SWT menjanjikan akan melimpahkan kebahagiaan. Tidak hanya itu, membaca surat Yasin secara rutin akan membuat hati menjadi lebih tenang dan menjadi orang yang banyak disukai atas izin Allah SWT.

Memperlancar rezeki

Selain memperlancar rezeki, dengan membaca surat Yasin, Allah SWT akan memudahkan segala keinginan dan hajatmu. Dengan terus istiqomah dan berusaha, maka Allah SWT akan semakin mempermudah segalanya.

"Barang siapa yang membaca surat yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga." (Sunan Darimi Juz 2 halaman 549).

Diampuni dosa-dosanya

Dengan membaca surat Yasin, meski dosa-dosanya sebesar gunung, Allah SWT akan mudah mengampuninya. Selain itu, membaca surat Yasin juga akan mendapat pahala yang berlipat ganda.

"Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhoan Allah maka diampuni dosa-dosanya." (HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu hurairah ra).

Dijauhkan dari malapetaka

Allah SWT akan melindungi dan menyelamatkan umatnya yang gemar membaca surat Yasin. Termasuk, tidak diberi penyakit yang membahayakan, mati syahid, dimudahkan saat akan keluar ruh, dan diberi keselamatan di akhirat kelak.

Hidup berkah

Membaca surat Yasin juga dapat membawa keberkahan dalam hidup dan mempermudah segala urusan, karena Allah SWT selalu memberi jalan kepada hamba-hambanya yang taat.