Buya Yahya Ungkap Cara Mulia Bertemu Jodoh

Buya Yahya.
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Jodoh adalah misteri illahi, dan itu merupakan hal yang sensitif. Ada yang cepat menemukan pasangannya, tapi tak sedikit juga yang perlu berjuang demi mendapatkan pasangan hidupnya.

Dalam konten video yang diunggah 13 Februari 2018 di kanal YouTube Al-Bahjah TV, Buya Yahya mengatakan, menikahlah ketika syahwat Anda sudah bergejolak.

Hal itu Buya Yahya lontarkan atas pertanyaan jamaahnya mengenai apa doa dan hal yang bisa dilakukan untuk mempercepat jodoh, mengingat sang ibundanya selalu meminta untuk cepat menikah.

"Jika Anda wanita normal, jangan berkata bahwa saya tidak mau menikah, itu hanya waktunya saja belum tiba kepada Aanda. Jangan tutup pintu halal oleh diri Anda sendiri," kata Buya Yahya.

Buya Yahya pun menjelaskan bahwa kita tidak bisa menentang diri atas kewajiban yang harus kita lakukan.

"Anda jangan sok seperti Sayyidah Maryam, tidak bisa, karena Anda manusia normal. Yang perlu Anda kukuhkan dalam hati anda adalah takut melakukan yang harom," ucapnya

Setiap orang pasti menginginkan pasangan yang terbaik untuk kita, tak salah jika harus memilah dan memilih mana yang baik dan pas dijadikan sebagai pendamping hidup

"Kalau Anda merasa Anda butuh kepada seorang laki-laki atau perempuan, maka anda harus bergegas mencari yang benar dengan cara yang benar. Dan tidak dengan cara dekat dulu, karena kalau sudah deket, bahaya nantinya" ucap Buya Yahya.

Melihat apa yang diucapkan Buya Yahya, kita perlu mengerti bahwa pilihlah dulu yang terbaik, sebelum ia dekat dengan kita.

Karena kalau sudah dekat dan merasa nyaman, bisa saja kita memaksakan kehendak dan tidak bisa lagi memilih.

"Justru sebelum ada yang deket, anda bisa memilih. Jangan deket dulu, gabisa memilih nanti. Jadi hanya ada dia saja dengan segala kekurangannya. Anda pilih yang bener sehingga bebas otak anda dari si dia si dia dan si dia maka anda bisa aman" jelas Buya Yahya.

Buya Yahya pun menjelaskan jika kita masih memiliki syahwat, segeralah untuk membuka pintu halal kecuali anda tidak memiliki syahwat lagi.

"Kalau anda tidak pernah merasakan bergolak syahwat, anda aman dan tidak usah menikah. Tapi ini urusannya adalah dengan pribadi anda, kalau syahwat anda sering bergejolak maka ketahuilah, anda harus memberikan jabat kepada diri anda untuk membuka pintu halal. Anda harus membuka diri, untuk bisa menikah. jadi ukurannya itu adalah anda sendiri" jelas Buya.

Lantas dengan cara apa kita perlu melakukan ketentuan ini agar diri tetap terjaga dari segala kekeliruan yang ada?

Buya Yahya mengatakan, "Lihat orang sedunia ini sebanyak-banyaknya, manusia sejagad anda pilih satu. Jangan sampai kau ikat hati anda kepada satu orang yang menjadikan anda tidak bisa memilih laki-laki lain"

"Kemudian ibunda anda, ia selalu menghendaki kebaikan untuk anaknya. Mungkin ia tau pribadi anda, tau sifat anda. Sehingga beliau menginginkan anda selamat" tambahnya  

Terkadang mendengarkan omongan dari orang lain yang mencampuri urusan pribadi kita sering di anggap risih, tetapi perlu dilihat juga, siapa tau memang itu yang terbaik untuk kita.

"Sambutlah keinginan orang tua Anda, itu berarti mereka mengetahui dan mengenal anda. Carilah suami yang baik dengan cara yang baik dengan doa di tengah malam, doa setelah anda sedekah, doa setelah shalat, doa setelah istigfar, itulah doa-doa yang cepat dikabul oleh Allah SWT, kemudian tidak cukup dengan doa, akan tetapi berusahalah dengan cara yang mulia" tutup Buya Yahya.
Laporan: Prima Nadia Rahayu