16 Inspirasi Kado Pernikahan, Pilih yang Paling Sentimentil

Ilustrasi kado atau hadiah.
Sumber :
  • Pixabay/PublicDomainPictures

VIVA – Mencari kado buat hadiah pernikahan memang gampang-gampang susah. Apalagi jika tidak terlalu paham apa yang disukai pasangan yang menikah itu, mencari kado bisa jadi PR tersendiri.

Tapi mulai sekarang kamu enggak perlu bingung lagi. Karena ada beberapa inspirasi kado pernikahan yang bisa kamu pilih. Berikut ulasannya.

Pilih kado uang atau barang?
Memberi kado di pernikahan sebenarnya itu tradisi lama, di mana tujuannya untuk apresiasi kamu kepada mempelai. Namun saat ini, banyak pengantin tak lagi menginginkan kado dalam rupa barang, melainkan uang.

Pasalnya, kado sering kali tidak sesuai dengan kebutuhan. Lain hal dengan uang, mempelai bisa membeli keperluan rumah tangga yang dibutuhkan. Hadiah atau kado justru lebih cocok diberikan untuk mengingat hari pernikahan atau wedding anniversary.

Kado pernikahan untuk yang akan menikah
Kado pernikahan untuk pasangan yang akan menikah, biasanya lebih cocok diberikan kepada sahabat atau keluarga yang hubungannya sangat dekat. Jika kamu tertarik untuk memberikan kado pernikahan untuk sahabat atau keluarga, perhatikan beberapa hal penting berikut ini. 

1.Pilih benda yang paling dibutuhkan pengantin
Kamu bisa bertanya terlebih dulu apa yang dibutuhkannya. Kalau hubungannya sangat dekat biasanya tidak ada kesungkanan untuk bertanya.

2.Urunan jika perlu
Jika benda yang dibutuhkan pengantin terbilang mahal, kamu bisa mengajak sahabat atau anggota keluarga lain untuk ikut urunan membeli benda tersebut. Tak apa mahal, yang penting berguna dan sangat disukai pengantin.

3.Kado servis jasa
Kamu punya bisnis dekorasi ruang, rias pengantin, menjahit pakaian pengantin, katering pernikahan, atau memiliki keterampilan memotret? Wah, jasa kamu ini juga bisa Iho, dijadikan sebagai kado pernikahan.

Tawarkan kepadanya jasa kamu secara gratis atau berikan potongan harga bombastis. Dijamin, sahabat kamu akan sangat senang dan mengingat kado kamu seumur hidupnya.

4.Album foto kenangan
Kumpulkan foto-foto sahabat mulai dari masa kecil, remaja hingga dewasa. Susun berurutan dalam album foto yang cantik.

5.Lampu tidur
Kamu bisa membelinya sepasang sehingga bisa diletakkan pada nakas di dua sisi tempat tidur.

6.Hiasan dinding
Entah itu lukisan, frame foto unik, rak atau ambal kayu, jam dinding, lampu tempel baterai, cermin hias, atau hiasan yang kamu buat sendiri.

7.Baju tidur couple
Pilih model dan bahan yang nyaman dan aman agar bisa terus dipakai.

8.Tanaman hias
Coba cari tahu tanaman hias favorit atau tanaman hias apa yang sedang diincarnya. Lumayan kan buat menambah keasrian rumahnya.

9.Seprei lengkap dengan selimutnya
Ini juga salah satu kado pernikahan yang pasti dipakai. Yang perlu kamu cari tahu hanya satu, ukuran kasur yang digunakan. Jangan sampai seprei yang kamu berikan kebesaran atau kekecilan.

10.Peralatan rumah tangga
Misalnya saja teflon, satu set pisau, chopper atau blender seri terbaru, atau panci serbaguna. Wah, dijamin sahabat kamu bakal suka banget. 

11.Voucher makan malam

Kado pernikahan untuk pasangan
Menurut The Knot, memberikan hadiah kepada pasangan bukanlah suatu keharusan. Tapi jika
kamu ingin melakukannya, akan lebih baik
memberi sesuatu yang sentimentil. Berikut ini
contohnya:

12.Berkaitan dengan hobi pasangan
Apa hobi yang belakangan sedang ditekuninya? Berikanlah hadiah yang sesuai dengan hobinya itu. Misalnya botol minum sepeda, tanaman hias, atau sepatu lari.

13.Sesuaikan dengan kebutuhan
Belikan saja apa yang paling dibutuhkannya saat ini.

14.Sepanjang jalan kenangan
Ajak pasangan menyisiri tempat-tempat di mana kalian bertemu dulu. Pasti seru kalau diingat-ingat lagi.

15.Romantic dinner
Pilih restoran favorit kalian dan pesan meja untuk makan malam romantis bersama.

16.Staycation
Sewa kamar hotel untuk 1-2 malam untuk kalian bisa menghabiskan waktu bersama. Agar lebih spesial, pesan juga layanan spa atau makan malam di kamar.

17.Surat cinta
Untuk bisa melewati usia pernikahan yang sekarang ini, pasti tak mulus. Tapi bersamanya, kamu bisa menghadapi setiap tantangan dan masalah. Tuliskan untuknya betapa kamu mencintainya dan berterima kasih untuk kesetiaannya. Dijamin dia 'meleleh' saat membacanya. Untuk info lebih lengkapnya lagi, bisa klik tautan ini.