Upss! Pria yang Senang Pakai Baju Ini Cenderung Suka Selingkuh

Ilustrasi pria.
Sumber :
  • dok. pixabay

VIVA – Penampilan seseorang disebut-sebut dapat mempengaruhi penilaian seseorang. Misalnya saja, seorang wanita akan lebih tertarik ketika melihat pria berpakaian rapih, atau tampil casual namun tetap sopan.

Bukan hanya itu saja, penampilan seseorang juga diketahui dapat menggambarkan kepribadian mereka termasuk dalam menjalin hubungan.

Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa mengenakan satu hal tertentu dapat membuat orang berpikir Anda tukang selingkuh. Seperti apa penampilan itu? Berikut ini ulasannya seperti dilansir dari laman Bestlifeonline.

Dijelaskan bahwa pria yang mengenakan kemeja dengan logo besar merek mewah dianggap suka selingkuh.

Sebuah studi yang diterbitkan 15 April 2021 di jurnal Personality and Social Psychology Bulletin menggarisbawahi bagaimana pakaian pria dipersepsikan oleh wanita.

Peneliti studi Daniel Kruger, PhD, seorang psikolog dari University of Michigan, memiliki 376 partisipan menilai pria yang mengenakan polo Ralph Lauren dengan logo besar atau logo kecil untuk serangkaian faktor hubungan.

Faktor-faktornya termasuk "sering menggoda", "dengan sadar menggoda pasangan orang lain", "pandai merawat anak", dan "mencurahkan sebagian besar sumber daya untuk mendukung keluarga".

Para peserta menganggap pria yang mengenakan logo mewah berukuran besar lebih suka memilih-milih dan lebih cenderung selingkuh. Faktanya, pria-pria ini dinilai "lebih rendah dalam minat dalam hubungan romantis jangka panjang yang berkomitmen" dan "lebih tinggi dalam minat dalam urusan seksual singkat," menurut penelitian tersebut.

Mereka juga dianggap kurang berinvestasi untuk menjadi orang tua.
Kruger awalnya berhipotesis bahwa logo mewah yang besar akan lebih menarik bagi wanita, karena ini dapat dilihat sebagai penanda kekayaan dan kekuasaan, dua sifat yang penting untuk reproduksi dan membangun keluarga.

Namun, Kruger sebenarnya menemukan bahwa wanita melihat pria yang mengenakan kemeja jenis ini sebagai individu yang lebih banyak berinvestasi dalam perkawinan daripada menjadi orang tua.

"Alih-alih menjadi sinyal yang dapat diandalkan dan jujur tentang investasi ayah di masa depan, pajangan barang-barang mewah terkadang mewakili investasi dalam daya tarik pasangan, yang mengorbankan investasi masa depan pada keturunan," jelasnya dalam sebuah pernyataan.

Menurut Kruger, logo mewah besar "meningkatkan daya saing sosial dan daya tarik pasangan," tetapi logo mewah kecil memiliki efek sebaliknya. Peneliti mengatakan bahwa logo mewah kecil "meningkatkan persepsi kepercayaan dan keandalan." Dan pria mungkin juga menyadari hal ini.

Kruger juga bertanya kepada peserta apakah mereka lebih suka memakai logo besar atau kecil dalam serangkaian skenario. Responden penelitian pria mengatakan bahwa mereka akan lebih cenderung mengenakan kemeja dengan logo yang lebih kecil saat menghadiri wawancara kerja atau bertemu orang tua pasangan mereka untuk pertama kalinya, dua situasi di mana penting untuk terlihat dapat dipercaya.

Namun dalam situasi di mana mereka lebih mementingkan untuk menegaskan dominasi sosial seperti dalam peran kepemimpinan atau saat menarik pasangan mereka mengatakan bahwa mereka lebih cenderung mengenakan kemeja dengan logo besar.

Sementara penelitian Kruger hanya didasarkan pada persepsi bahwa pria yang memakai logo besar lebih cenderung selingkuh, pria lebih cenderung berselingkuh daripada wanita pada umumnya.

Menurut sebuah studi ekstensif tahun 2003 yang diterbitkan di AARP The Magazine, 46 persen pria mengaku pernah berselingkuh di masa lalu dibandingkan dengan hanya 21 persen wanita.

Laporan lain dari Institute for Family Studies (IFS) menemukan bahwa pria yang menikah hampir dua kali lebih mungkin untuk berselingkuh daripada wanita yang sudah menikah. Menurut laporan ini, 20 persen pria mengaku berhubungan seks dengan orang lain selain pasangannya dibandingkan dengan 13 persen wanita.