Doa Setelah Wudhu dan Keutamaannya

ilustrasi berwudhu
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sebagai umat Islam, ketika akan melaksanakan sholat kita harus melaksanakan doa setelah wudhu baik sholat wajib maupun sholat sunah. Wudhu merupakan syarat sah sholat dan untuk mensucikan diri dari najis dan hal-hal lain.

Wudhu bertujuan untuk membersihkan diri dari kotoran yang berada di tubuh dan membersihkan diri dari najis dan hadas kecil. Allah SWT berfirman dalam Al Quran Surat Al Maidah ayat 6:

"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur." (QS. Al-Maidah: 6)

Wudhu harus dilakukan dengan benar karena akan menggugurkan dosa dari anggota tubuh yang dibersihkan. Ketika Anda selesai melaksanakan wudhu, jangan langsung pergi untuk mendirikan sholat. Tapi akhirilah wudhu dengan membaca doa setelah wudhu, agar wudhu Anda menjadi lebih lengkap.

Doa setelah wudhu

Keutamaan doa setelah wudhu

Apabila Anda melakukan wudhu dengan sempurna dan ditutup dengan doa. Maka Anda akan mendapatkan salah satu keutamaan yaitu dibukakan delapan pintu surga dan dirinya bisa masuk melalui pintu manapun yang ia inginkan, seperti dalam hadist berikut.

"Barangsiapa berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya kemudian ia membaca doa (yang artinya) ‘Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang yang menyucikan diri.’ Maka dibukalah delapan pintu untuknya yang dapat ia masuki dari mana saja ia mau.” (HR. Tirmidzi).

Doa

Dilansir dari islamawarness.net doa yang harus dipanjatkan setelah Anda melaksanakan wudhu adalah:

Asy-hadu alla ilaaha illallah wahdahu laa syarikalah wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa Rosuluh, allohummaj’alnii minattawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriin. Subhanakallohumma wa bihamdika, asy-hadu alla ilaaha illa anta, astagh-firuka wa atuubu ilaik.

Artinya: “Aku bersaksi bahwasanya tiada sesembahan yang benar kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku hamba yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagai orang yang bersuci. Mahasuci Engkau Ya Allah dengan memuji-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku memohon ampunan kepada-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu.”