Mengenal 15 Jenis-Jenis Kucing Terpopuler Secara Lengkap dengan Harga

Jenis-Jenis Kucing
Sumber :

VIVA – Jenis-jenis kucing harus dipahami oleh semua cat lovers yang ada di Tanah Air, supaya tidak salah memilih. Kucing sendiri merupakan hewan yang sudah tidak asing lagi di mata semua orang karena sering dijumpai di mana saja.

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang populer dan tergolong sebagai hewan yang memiliki sifat penyayang. Berkat parasnya yang lucu sekaligus menggemaskan, kucing banyak digemari oleh orang-orang sebagai salah satu hewan peliharaan.

Kucing juga tergolong sebagai hewan yang mudah dipelihara karena bisa bersahabat dengan para pemiliknya. Hewan menggemaskan ini juga ternyata dapat menghilangkan stress untuk para pemiliknya.

Dengan memelhara kucing juga kamu akan belajar mengenai tanggung jawab karena harus memberinya makan dan minum sebagai peliharaan. Nah, untuk kamu yang semakin penasaran mengenai jenis-jenis kucing, simak ulasan berikut yang disadur dari berbagai sumber.

Lantas, Apa Saja Jenis-Jenis Kucing?

Kucing Kampung atau Domestik

Si Cowy, kucing kampung jantan dewasa peliharaan saya yang pemilih terhadap makanan

Photo :
  • vstory

Kucing kampung adalah kucing sangat mudah ditemui di Indonesia, umumnya ras ini hanya 1 persen dari seluruh kucing yang ada di dunia. Sisanya merupakan kucing dengan keturunan campuran antara kucing kampung dengan kucing liar.

Kamu pasti sering menemukan jenis kucing ini di jalanan kota, gang, sampai depan rumah berkeliaran dengan bebas. Kucing domestik ini mempunyai dua jenis yaitu berbulu panjang dan berbulu pendek.

Ilustrasi Kucing Persia

Photo :
  • Animal Library

Jenis-jenis kucing kedua diduduki oleh kucing Persia yang menjadi salah satu ras paling tinggi peminatnya di Indonesia karena mempunyai karakter yang lucu. Kucing jenis ini mempunyai rambut yang panjang lebat, wajah bulat, dan hidung yang pesek.

Untuk dapat memelihara kucing ini kamu harus merogoh kocek yang cukup karena harga dan perawatan yang cukup mahal. Ras Persia asli dibanderol dengan harga sekitar Rp13 juta, sedangkan untuk ras campuran harganya cukup murah mulai dari Rp500 ribu.

Kucing Maine Coon

Kucing sphynx.

Photo :
  • U-Report

Kucing Sphynk adalah salah satu ras kucing yang tidak mempunyai bulu sama sekali. Walaupun tampak tidak mempunyai bulu, Sphynx tetap memiliki bulu. Hanya bulunya sangat pendek halus, karena itu kucing ini memerlukan perawatan secara khusus.

Karena keunikannya tersebut, kucing Sphynx ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi yang dimulai dari Rp14 jutaan sampai puluhan juta rupiah.

Kucing anggora.

Photo :
  • U-Report

Salah satu jenis-jenis kucing ras panjang ini cukup populer di kalangan masyarakat pecinta kucing. Kucing ini berasal dari Turki sehingga kerap disebut sebagai Anggora Turki. Sama dengan Persia, kucing ini juga tergolong sebagai ras kucing tertua yang ada di dunia.

Angora dicirikan dengan hidung panjang, kepala bentuk segitiga, dan telinga panjang, lebar, serta bentuknya segitiga. Ciri khas Anggora adalah bulunya panjang, langsing, elegan tubuh panjang, dan ramping. Anggora dibanderol dengan harga mulai dari Rp8 jutaan sampai Rp 12 jutaan.

Kucing Russian Blue

Kucing bengal

Photo :
  • http://hobi-kusuka.blogspot.co.id/

Bila kamu menyukai macam tutul, maka wajib untuk memelihara kucing Bengal ini. Sebab, jenis-jenis kucing ini masih satu keluarga dengan macan tutul, tapi tidak perlu khawatir karena kucing Bengal tidak sebuas saudaranya dan cenderung ramah saat dipelihara.

Kucing ini mempunyai ciri utama pada bulunya yang sangat mirip dengan corak layaknya macan tutul. Kucing Bengan asli dijual dengan harga mulai dari Rp10 jutaan, sedangkan untuk ras campurannya hanya dijual dengan harga Rp2.5 juta saja.

Kucing Japanese Bobtail

kucing radgoll, berasal dari California, Amerika Serikat

Photo :
  • U-Report

Kucing ini adalah kucing peliharaan yang mempunyai bentuk tubuh besar dengan bulu yang lebat. Namanya disebut Radgoll karena ketika diangkat, ia tampak lemas dan lunglai layaknya boneka kain. Ragdoll juga mempunyai ciri khas yang cantik dan manis ketika dipelihara.

Dengan wajah yang imut, pipi bulat, sifatnya tenang, dan penyang membuat kucing ini sangat cocok dipelihara di rumah. Walaupun demikian, bila kamu akan memlihara Radgoll harus menyiapkan lahan cukup besar karena ia senang bermain. Radgoll sendiri dijual dengan harga mulai dari Rp3.5 jutaan hingga Rp10 jutaan.

Kucing Munchkin

Kucing Munchkin berbeda dengan kebanyakan jenis-jenis kucing yang lainnya karena mempunyai bentuk tubuh yang mungil walaupun telah menginjak usia dewasa. Kucing ini juga mempunyai karakteristik kentara dengan bentuk kaki mungil dan pendek. Muchkin dijual dengan harga mulai daro Rp5 jutaan sedangkan untuk ras campuran hanya Rp900 ribuan.

Kucing Scottish Fold

Sesuai dengan namanya, kucing ini adalah jenis-jenis kucing yang mempunyai telinga dengan bentuk terlipat. Ukuran Scottish Fold ini sedang hingga menengah dengat berat mulai dari 4 sampai 6 kilogram.

Kucing ini cocok untuk kamu yang tinggal di kota-kota besar karena karakternya yang sayang kepada pemilik dan takut dengan suara keras. Untuk Scottish Fold asli dijual dengan harga mulai dari Rp6 jutaan sedangkan untuk jenis campurannya dijual dengan harga Rp 2.5 jutaan.

Kucing American Shorthair

American Shorthair adalah salah satu kucing yang mempunyai usia yang cukup lama, sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin tumbuh bersama dengan kucing ini. Berbeda dengan kucing lainnya, American Shorthair ini tidak cukup berkelas di pasaran.

Hal ini karena American Shorthair hanya untuk menekan jumlah tikus. Walaupun demikian, tampilan dari kucing ini tidak kalah menggemaskan. American Shorthair sendiri dijual dengan harga sekitar Rp1.3 jutaan.

Kucing Siam

Siam merupakan salah satu ras oriental yang cukup mudah ditemui di Thailand. Karakteristik dari kucing ini cukup unik karena mempunyai mata biru, tubuh ramping, ekor panjang, bulunya pendek, dan suaranya lembut serta mempunyai titik gelap.

Kucing Siam terbagi ke dalam 3 jenis, mulai dari kucing Siam tradisional, kucing Siam klasik, dan kucing Siam modern. Untuk harga, kucing ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal yaitu dimulai dari jutaan rupiah sampai ratusan juta rupiah.

Kucing Himalaya

Kucing Himalaya adalah kucing hasil dari persilangan Persia dan Siam. Karakteristik dari kucing ini adalah betubuh gemuk, bulat, dan besar dengan bentuk kaki yang pendek layaknya kucing Persia. Kucing ini juga cukup aktif bermain dan tidak suka bermalas-malasan.

Sebelum memelihara kucing ini, kamu harus memilih yang sehar. Kucing yang sehat dicirikan dengan tubuh yang kekar, kaki pendek, bulunya lembut, kepala bulat, dan matanya biru. Himalaya dijual dengan harga sekitar Rp650 ribu hingga Rp3 jutaan.