Beasiswa Kuliah di Dalam Negeri, Ini Sederet Kampus yang Menyediakan

Ilustrasi kuliah.
Sumber :

VIVA – Beasiswa kuliah sangat dicari-cari bagi para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. Dengan menggunakan beasiswa kuliah, maka para calon mahasiswa tersebut terbantu dalam hal biaya. Hal ini tentu membantu bagi mereka yang terkendala dalam segi biaya. Lalu, program beasiswa kuliah apa saja yang bisa dicoba? Salah satu program beasiswa yang bisa kamu coba adalah Quipper Scholarship Award.

Quipper Scholarship Award (QSA) adalah ajang kompetisi untuk memperebutkan beasiswa dari berbagai kampus ternama di Indonesia. Ajang QSA ini membagikan beasiswa dengan total miliaran rupiah untuk ratusan siswa di Indonesia dalam bentuk partial scholarship (beasiswa sebagian) hingga full scholarship (beasiswa penuh).

Sebanyak 12 kampus ikut serta pada ajang Quipper Scholarship Award (QSA) 2022. Kampus yang ikut andil tersebut diantaranya Telkom University, Kalbis Institute, Universitas Tarumanagara, Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), Institut Teknologi PLN (IT PLN), PPM School of Management, Universitas Paramadina, Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP), Universitas Kristen Maranatha, Indonesia Banking School (IBS), Institut Teknologi Telkom Jakarta (IT Telkom Jakarta), dan Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA).

Pada ajang QSA 2021, total beasiswa yang disalurkan mencapai Rp40 miliar dari 13 kampus, kepada 993 siswa yang lolos seleksi. Berikut telah kami rangkum untuk kamu tentang beasiswa kuliah dalam negeri, melansir dari Quipper Campus.

1. PPM School of Management

PPM School of Management adalah salah satu institusi pendidikan tinggi yang unggul di bidang studi Manajemen Bisnis dan Akuntansi di Indonesia. Kurikulum PPM School of Management terintegrasi dengan soft skill development hingga sertifikasi. Hal ini tentu memudahkan lulusannya berkarier di berbagai negara di dunia.

Melalui ajang Quipper Scholarship Award (QSA) 2022, PPM School of Management akan menyalurkan beasiswa sebanyak Rp924.600.000. Program beasiswa ini akan diberikan untuk siswa-siswi dengan nilai terbaik dan lulus dalam rangkaian tes seleksi QSA dan seleksi lanjutan oleh kampus.

2. Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) adalah salah satu kampus yang dikelola Yayasan Pendidikan Telkom. ITTP telah terakreditasi Baik Sekali dari BAN-PT. Kampus ini memiliki beberapa fakultas yakni Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro, Fakultas Informatika, dan Fakultas Rekayasa Industri dan Desain. 

Pada ajang Quipper Scholarship Award (QSA) 2022, ITTP menyiapkan beasiswa senilai total Rp195.500.000. Beasiswa diberikan untuk peserta dengan skor terbaik dan lolos seleksi wawancara.

3. Kalbis Institute

Kalbis Institute merupakan kampus yang berdiri di bawah naungan Yayasan Pendidikan Kalbe yang berafiliasi dengan Kalbe Farma. Konsep pembelajaran di Kalbis Institute tergambar dalam rumus School Degree + Internship + Professional Certification = You’re Hired. 

Rumus tersebut merepresentasikan bagaimana cara agar dapat terserap di dunia kerja dengan cepat. Caranya yaitu dengan memiliki gelar akademis, pengalaman magang, serta didukung pula oleh sertifikat pelatihan profesional. Melalui ajang Quipper Scholarship Award (QSA) 2022, Kalbis Institute akan membagikan beasiswa senilai total Rp2.000.000.000. Beasiswa tersebut terbagi menjadi beasiswa penuh (full scholarship) dan beasiswa sebagian (partial scholarship).

4. Institut Teknologi PLN

Institut Teknologi PLN (IT PLN) berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PT PLN (Persero). Kampus ini fokus pada bidang energi dan ketenagalistrikan.

Beberapa fakultas yang ada di IT PLN diantaranya Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan, Fakultas Telematika Energi, Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi, Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, dan Program Pascasarjana. 

IT PLN akan membagikan beasiswa full dan parsial sebesar Rp148.300.000 juta untuk 6 orang pada ajang Quipper Scholarship Award (QSA) 2022. Beasiswa akan disalurkan untuk siswa dengan skor terbaik dan lulus tes seleksi.

5. Universitas Paramadina

Universitas Paramadina merupakan perguruan tinggi yang mengedepankan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kemodernan. Universitas Paramadina menyiapkan para mahasiswanya untuk menghadapi tantangan kompetisi global. Untuk itu, kampus ini menjalin kerja sama, baik secara nasional maupun internasional, sebagai langkah awal untuk mengembangkan kompetensi civitas akademika. 

Universitas Paramadina menyiapkan beasiswa bertajuk Pendidikan untuk Semua pada ajang Quipper Scholarship Award (QSA) 2022. Bagi peserta yang lolos seleksi, akan mendapatkan beasiswa berupa potongan uang masuk sebesar 25%-100%.

6. Universitas Kristen Maranatha

Universitas Kristen Maranatha merupakan perguruan tinggi swasta ternama di Bandung yang telah berpengalaman lebih dari 50 tahun. Saat ini, Universitas Kristen Maranatha telah memiliki 9 fakultas dan 28 program studi. Jenjang studi yang tersedia yaitu diploma, sarjana, profesi, hingga magister.

Melalui ajang Quipper Scholarship Award (QSA) 2022, Universitas Kristen Maranatha akan menyalurkan uang senilai Rp375.000.000 beasiswa untuk semua program studi. Program beasiswa diberikan untuk siswa dengan skor terbaik dan lulus dalam beberapa tes seleksi.

7. Universitas Tarumanegara

Universitas Tarumanagara adalah salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Universitas Tarumanagara memiliki 16 program studi yang tersebar di beberapa fakultas. Fakultas yang tersedia di antaranya fakultas Ekonomi, Hukum, Teknik, Kedokteran, Psikologi, Seni Rupa dan Desain, Teknologi Informasi, Komunikasi, dan Pasca Sarjana.

Melalui ajang Quipper Scholarship Award (QSA) 2022, Universitas Tarumanagara menyediakan beasiswa berupa potongan Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) hingga dengan 100%. Besaran potongan SPP ditentukan berdasarkan nilai rata-rata rapor Kelas 10 dan Kelas 11, serta hasil psikotes online khusus untuk Fakultas Kedokteran yang wajib diikuti oleh peserta.

8. Universitas Telkom

Universitas Telkom (Telkom University) yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom tercatat memiliki akreditasi Unggul. Telkom University kerap berada di peringkat teratas daftar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik. 

Kampus ini terdiri dari beberapa fakultas yaitu Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Rekayasa Industri, Fakultas Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Fakultas Industri Kreatif, Fakultas Ilmu Terapan, dan Fakultas Teknik Elektro. Dan khusus pada QSA 2022, beasiswa dibuka untuk program studi di Fakultas Ilmu Terapan saja.

Melalui ajang Quipper Scholarship Award (QSA) 2022, Telkom University membagikan beasiswa dengan total Rp238.000.000. Program beasiswa akan disalurkan bagi siswa yang memiliki skor terbaik dan lulus dalam beberapa tes seleksi.

9. Multimedia Nusantara Polytechnic

Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) adalah perguruan tinggi vokasi yang berada di bawah naungan yayasan yang sama dengan Universitas Multimedia Nusantara, yaitu Yayasan Multimedia Nusantara. MNP memiliki relasi dengan industri di berbagai bidang termasuk media, properti, dan hospitality. Pilihan jurusan yang ditawarkan yakni Digital Animation, Event Management, dan E-Commerce Logistics.

Pada ajang Quipper Scholarship Award (QSA) 2022, MNP akan menyalurkan beasiswa dengan total mencapai Rp5 miliar. MNP membuka kesempatan bagi siswa berprestasi atau yang memiliki produk terapan atau aktif berorganisasi untuk memperoleh beasiswa tersebut.

10. Indonesia Banking School

Kampus lainnya yang menawarkan beasiswa kuliah yaitu Indonesia Banking School (IBS). IBS merupakan kampus yang memiliki jaringan luas, dan telah bekerja sama dengan industri perbankan, jasa keuangan dan financial technology, serta institusi pendidikan dalam dan luar negeri.

Hubungan kerja sama tersebut akan berpengaruh langsung pada kualitas pendidikan di kampus, sekaligus menyiapkan mahasiswa menjadi SDM yang unggul dan memiliki wawasan luas.

Melalui ajang Quipper Scholarship Award (QSA) 2022, IBS akan memberikan beasiswa yang terdiri dari full scholarship (beasiswa penuh) dan partial scholarship (beasiswa parsial). Program beasiswa diberikan untuk siswa dengan rata-rata nilai rapor terbaik dan lulus dalam seleksi wawancara.

Itulah sederet kampus beasiswa kuliah dalam negeri yang disediakan oleh Quipper Scholarship.