Yakin Empat Makanan Ini Bisa Bangkitkan Libido?

Ilustrasi stroberi
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Pisang dan terong diyakini sebagai makanan yang dapat meningkatkan gairah seksual atau makanan afrodisiak. Selain itu, ada makanan lain, seperti cokelat dan stroberi yang sering disebut-sebut punya manfaat serupa.

Namun ahli gizi mengungkapkan, bahwa makanan yang diyakini tersebut mungkin saja tak dapat meningkatkan libido. Ahli gizi ternama di London, Lily Soutter menemukan, bahwa hanya sedikit bukti bahwa empat makanan ini benar-benar dapat meningkatkan gairah seksual Anda.

Dan makanan itu, seperti dilansir dari Daily Mail, adalah cokelat, alkohol, tiram dan stroberi.

1. Cokelat

Penelitian yang dipublikasikan di South African Journal of Clinical Nutrition menunjukkan, bahwa cokelat dapat meningkatkan pelepasan bahan kimia yang disebut phenylethylamine dan serotonin yang dapat meningkatkan efek bahagia. Namun salah satu studi yang dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine melihat tidak ditemukan perbedaaan signifikan terhadap gairah seksual pada wanita yang mengonsumsi cokelat setiap hari dan yang tidak. Karena hasil yang saling bertentangan, kesimpulan tidak dapat ditarik bahwa cokelat memiliki efek afrodisiak.

2. Alkohol

Secara historis, alkohol dan asmara dipercaya saling berhubungan. Salah satu efek samping jangka pendek yang paling signifikan dengan mengonsumsi alkohol, diyakini dapat meningkatkan perilaku seksual.

Namun pada pria yang mengonsumsi alkohol dalam jangka pendek maupun panjang malah terbukti dapat menurunkan kadar testosteron yang justru berefek buruk pada gairah seksual dan mungkin memiliki efek merusak libido dan kinerja seksual mereka. Itu menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Adolescent Health.

Namun pada wanita, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam US National Library of Medicine's National Institutes of Health menunjukkan, bahwa konsumsi alkohol dapat meningkatkan hasrat, gairah dan kesenangan seksual, namun menurunkan gairah fisiologi.

Meskipun demikian, bukti korelasi antara wanita yang mengonsumsi alkohol dan libido masih campur aduk. Menikmati segelas atau dua mungkin masih oke, tapi pesta minuman keras tidak dianjurkan karena justru dapat menyebabkan perilaku seksual yang berisiko.

3. Tiram

Tiram mungkin memiliki efek afrodisiak paling terkenal karena kaya zinc dan mineral yang penting untuk produksi sperma dan testosteron. Sayangnya, tidak banyak penelitian langsung yang menyebutkan ada korelasi antara zinc dengan gairah seksual.

Salah satu studi yang dipublikasikan dalam US Library of Medicine menemukan, bahwa suplemen zinc dapat meningkatkan kadar testosteron, hormon utama yang terkait dengan gairah seks, namun efeknya minim. Sementara penelitian lain menyebut bahwa menambahkan zinc dalam diet Anda bisa membantu meningkatkan gairah seksual.

4. Stroberi

Stroberi merupakan buah yang sangat kaya vitamin C, dan satu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biological Psychiatry menunjukka,n bahwa mengonsumsi lebih banyak vitamin C dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan pelepasan oksitosin, yang keduanya relevan dengan perilaku seksual dan suasana hati.

Tapi penting untuk dicatat bahwa ini adalah salah satu penelitian yang dilakukan 15 tahun lalu, dengan sampel kecil. Oleh karena itu, terlalu dini untuk mengatakan stroberi bisa benar-benar dinobatkan sebagai buah terseksi. (mus)