Ini Sebabnya Anda Harus Duduk Saat Minum

Minum air putih.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Air sangat penting bagi kehidupan manusia. Hidrasi memastikan fungsi proses biologis berjalan lancar di dalam tubuh. Karena itu, penting untuk mengetahui mendapatkan yang terbaik dari sumber alam paling kuat dan membuatnya berguna bagi tubuh.

Tapi, seringkali kita minum air dengan cara yang tidak tepat. Karena ingin cepat-cepat, minum dalam posisi berdiri sering kita lakukan. Padahal cara ini tidaklah dianjurkan.

Dilansir dari laman Times of India, menurut limu Ayurveda, ketika Anda minum sambil berdiri, Anda memberikan tekanan pada dinding perut. Hal ini karena air mengalir turun lurus dari esofagus ke perut dan menyebabkan kerusakan pada area di sekitarnya. Artinya, jika Anda minum sambil berdiri, tubuh Anda secara otomatis menolak semua nutrisi dari penyerapan.

Meminum air sambil berdiri bisa memberikan dampak buruk pada tubuh Anda. Saat air mengalir dengan tekanan tinggi, hal ini bisa menyebabkan akumulasi kotoran di dalam kandung kemih. Kondisi ini bisa mempengaruhi ginjal sangat buruk.

Postur dan meminum air sangat berkaitan satu sama lain. Hal ini karena tekanan tinggi bisa mempengaruhi seluruh sistem biologis dari tubuh Anda. Semua itu bisa memicu nyeri sendi. Selain itu, minum sambil berdiri juga bisa menekan suplai oksigen pada pipa makanan dan batang tenggorok. Jika dilakukan terus menerus, hal tersebut bisa mengakibatkan masalah jantung dan paru-paru.

Karena itu, cara terbaik adalah duduk dan minum air. Dengan demikian, aliran air akan pelan dan tubuh Anda dapat mencerna air dengan saraf-saraf yang relaks. Ketegangan akan terjadi di saraf ketika tekanan air tinggi, sehingga menyebabkan gangguan pada cairan yang sudah ada di dalam tubuh.