Inilah Obat yang Aman Dikonsumsi Ibu Menyusui

ilustrasi obat/produk kesehatan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tidak semua ibu yang baru melahirkan sehat dan dianugerahi kelancaran dalam menyusui. Banyak ibu menyusui yang memiliki penyakit tertentu, sehingga diharuskan mengonsumsi obat. Kalau Anda salah satunya, pasti punya kekhawatiran yang sama, yaitu apakah obat yang dikonsumsi tersebut memiliki dampak terhadap ASI.

Untuk menjawab kekhawatiran Anda, berikut penjelasan tentang obat-obat yang aman dikonsumsi ibu menyusui, disarikan dalam lama Mayo Clinic.
 
Apakah semua obat pasti masuk ke ASI?

Hampir semua obat yang dikonsumsi Mums akan masuk ke ASI melalui aliran darah, namun hanya dalam batas tertentu. Jadi, kebanyakan obat masuk ke ASI dalam kadar rendah, sehingga tidak menimbulkan risiko terhadap bayi.  Namun, ada pengecualian untuk beberapa obat yang dapat bercampur lebih pekat di dalam ASI. Untuk tahu jenis obat yang aman, Mums tetap harus berkonsultasi dengan dokter setiap akan mengonsumsi obat.

Pengaruh pada bayi  berbeda-beda

Tidak semua bayi akan mengalami reaksi sama terhadap ASI yang terpengaruh obat dari ibu. Contohnya saja, pada bayi prematur, bayi baru lahir, dan bayi yang fungsi ginjalnya tidak sempurna, memberikan ASI yang terpapar obat-obatan dari ibunya akan berbahaya. Namun untuk bayi berusia 6 bulan atau lebih dengan kondisi sehat, umumnya risiko kesehatan kecil karena ia sudah bisa mencerna obat secara efisien. Anda yang sudah menyusui lebih dari satu tahun umumnya produksi ASI sudah jauh berkurang, sehingga tidak terlalu terpangaruh dengan obat.

BACA SELENGKAPNYA