Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Membayar 'Utang' Tidur di Akhir Pekan, Sehatkah?

Minggu, 19 Agustus 2018 | 07:04 WIB
Foto :
  • Pixabay
Ilustrasi tidur.

VIVA – Selain bangun siang, akhir pekan menjadi saat yang tepat membayar waktu tidur yang berkurang selama hari kerja. Tapi apakah kebiasaan ini benar-benar bisa membayar berkurangnya waktu tidur Anda, masih menjadi perdebatan.

Menurut peneliti tidur dan psikolog, yang mendiskusikan hal ini dalam acara The Conversation, Choi Moi Chow, melengkapi kekurangan waktu tidur saat akhir pekan bisa dilakukan. Namun, bukan artinya Anda bisa memenuhi kekurangan waktu tidur dalam jumlah jam yang sama.

Baca Juga

Sayangnya, ini artinya memori yang dibentuk pada hari-hari di mana tidur berkurang bisa dikompromosikan, yakni sebagai memori yang tidak stabil menjadi memori stabil selama tidur dalam. Tapi, hal itu tidak akan terjadi jika peluang untuk tidur dalam hilang di malam itu.

Ahli saraf Leonie Kirszenblat juga mengatakan kalau kita mampu mendapatkan kembali waktu tidur yang hilang, karena sesuatu yang disebut dengan 'tekanan tidur'.

Menurut Kirszenblat, tekanan tidur memberitahukan otak bahwa Anda tidak mendapatkan cukup tidur, yang kemudian bisa menyebabkan perubahan psikologis.

Tapi, seperti yang didiskusikan oleh Chow, Kirszenblat menyebutkan bahwa kurang tidur berdampak pada kemampuan Anda untuk mengingat, yang tidak bisa disembuhkan dengan tambahan waktu tidur selama akhir pekan.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler