Tahun 2018, 670 Ribu Orang Indonesia Berobat di RS Swasta Malaysia

MHX 2019
Sumber :
  • VIVA/Rintan Puspitasari

VIVA – Malaysia merupakan pilihan favorit destinasi wisata kesehatan bagi orang Indonesia. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah pasien Indonesia di berbagai rumah sakit negeri tersebut yang dicatat oleh Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC), instansi di bawah Kementerian Keuangan yang bertugas untuk memfasilitasi dan mempromosikan industri wisata kesehatan dari Malaysia.

"Setiap tahun dobel digit dan terus naik," kata Farah Delah Suhaimi, Director Market Development Indonesia, MHTC, dalam jumpa pers yang digelar di Atrium Laguna, Central Park, Jakarta Barat, Kamis, 14 Februari 2019. 

Hal itu tak lepas dari sejumlah keunggulan yang ditawarkan Malaysia Healthcare, seperti layanan kesehatan dengan kualitas world-class, biaya yang terjangkau, kemudahan akses serta layanan end-to-end terbaik. 

Dengan jumlah penduduk lebih dari 260 juta jiwa, Indonesia merupakan pasar terbesar untuk Malaysia Healthcare. Bahkan di tahun 2018, lebih dari 670.000 masyarakat Indonesia telah melakukan perawatan kesehatan, baik rawat jalan maupun rawat inap, di berbagai rumah sakit swasta di Malaysia.

Hal itu yang kemudian melatarbelakangi digelarnya Malaysia Healthcare Expo 2019 (MHX 2019) untuk pertama kalinya di Jakarta. MHX 2019 yang digelar mulai tanggal 15 hingga 17 Februari 2019 di Atrium Laguna, Central Park ini bertujuan untuk memperkenalkan pengalaman perawatan kesehatan terbaik di Malaysia kepada para wisatawan medis di Indonesia.

“Di MHX 2019, pengunjung dapat menikmati dan mendapatkan pemahaman langsung mengenai pengalaman pasien dengan Malaysia Healthcare, yang selalu berupaya untuk menyediakan perawatan berkualitas tinggi bagi para wisatawan kesehatan," kata Nik Yazmin Nik Azman, Chief Commercial Officer MHTC. 

MHX 2019 menghadirkan 11 rumah sakit swasta terkemuka dan fasilitas kesehatan dari Malaysia serta menawarkan sejumlah kegiatan yang dapat dinikmati para pengunjung, seperti pembahasan berbagai topik kesehatan, diskusi panel, dan konsultasi gratis, serta kegiatan panggung menarik lainnya. Sepanjang tahun 2019, MHX 2019 juga akan hadir di beberapa kota besar lainnya di Indonesia.