6 Cara untuk Cepat Move On dari Patah Hati

Ilustrasi wanita menangis.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Keputusan untuk berpisah sangatlah menyakitkan bagi pasangan. Terlepas dari apa penyebab perpisahan yang pasti timbul luka kala menyadari harapan hancur di depan mata. 

Memang tak mudah melewati masa patah hati, tapi ingat Anda harus bisa melewati masa ini agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Sambil menunggu waktu menyembuhkan luka, berikut ini beberapa cara untuk membantu melewati masa-masa patah hati, seperti dilansir Your Tango.

Bersyukur 

Daripada terus tenggelam dalam rasa benci atau menyesal, pikirkan 10 hal yang patut disyukuri ketika bangun di pagi hari. Rasa syukur ini sederhana seperti bisa melihat langit biru dan bernapas. 

Satu kunci penting dalam melewati masa sulit adalah membuat keputusan untuk memberi otak sesuatu yang positif. Jangan beranjak dari kasur sebelum melakukan hal ini. Hitung 10 hal dalam hidup yang bisa disyukuri sebelum bangun dan memulai hari. 

Buat daftar kegiatan

Putus cinta tak hanya memenuhi pikiran tapi juga membuang energi. Dengan putus artinya ada banyak waktu luang untuk digunakan, jadi gunakan dengan produktif. 

Coba rapikan garasi, mengecat dapur, membersihkan mobil. Buat daftar yang harus dilakukan dan suka dilakukan, lakukan tiap hari untuk memenuhi daftar itu. 

Berhenti cari tahu

Media sosial bisa menakjubkan ketika sedang jatuh cinta, tapi bisa menghancurkan ketika putus. Jadi berhenti melihat akun media sosial dan block saja. Anda tak perlu menyiksa diri sendiri dengan melihat setiap gerakan mereka atau mungkin pendamping barunya, melakukan hal ini hanya akan menghambat untuk move on. 

Jangan juga mendatangi tempat-tempat yang dulu sering didatangi bersama. Melakukan hal ini hanya akan membuat sedih, kesepian dan malu jika tertangkap. 

Lakukan perubahan 

Mengganti gaya rambut, gaya berbusana untuk perbaiki diri. Biasanya pasangan menyukai kita apa adanya dan sering ingin kita terlihat sama. Gunakan waktu ini untuk memperbarui diri dan menemukan apa yang ingin dilakukan sebelum menjalin hubungan baru. 

Ganti musik

Jangan mendengarkan lagu yang biasa dinikmati bersama. Bersihkan data pencarian dan temukan lagi beberapa musik baru yang menginspirasi. Hati-hati dengan pilihan musik yang bisa mengingatkan Anda dengan si mantan. 

Menyiapkan awal yang baru untuk diri sendiri bisa dengan hal simbolik seperti menemukan musik baru dan menciptakan daftar putar lagu bertema. Temukan lagu yang membuat Anda merasa kuat. 

Ganti rutinitas

Coba kedai kopi lain, toserba atau rute bekerja. Banjiri otak dengan memori baru dan wajah baru. Setiap kali mengalami pengalaman baru, otak menciptakan neuro-pathway yang membuat kita bisa menulis cerita baru. Inilah kenapa kita merasa santai saat berlibur, karena kita menciptakan neuro-pathway dan menulis ulang pola lama dengan data yang baru. 

Mendatangi tempat-tempat yang dulu pernah didatangi hanya akan membuat rasa sedih terus membayangi.