Takjub, Ternyata Begini Anatomi Otot di Balik Payudara

Ilustrasi payudara.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Semua tentu tahu bahwa airsusu ibu (ASI) memiliki sejumlah manfaat kesehatan baik bagi ibu maupun anak itu sendiri. Meski banyak orang telah tahu manfaatnya, ternyata tidak banyak yang tahu bagaimana struktur anatomi di balik payudara. 

Maka tidak heran jika sebuah foto anatomi payudara belum lama ini viral di media sosial. Ini bermula ketika seorang pengguna Twitter membagikan foto dengan keterangan, yang mengatakan bahwa ia baru sadar bentuk sesungguhnya dari sistem otot wanita. 

"Saya baru sadar bahwa saya tidak pernah melihat foto sistem otot wanita. Ini tidak seperti apa yang saya bayangkan seperti saluran susu," kata seorang pengguna Twitter

Saluran susu wanita, juga disebut sebagai saluran laktiferosa yang sangat penting untuk produksi susu.  Hormon kehamilan menyebabkan saluran ASI tumbuh dalam jumlah dan ukuran.  

Saluran ini bercabang menjadi saluran yang lebih kecil, sampai berkelompok menjadi kantung mirip anggur yang disebut alveoli. Gambar itu telah di-retweet lebih dari 43 ribu kali, dengan banyak orang setuju bahwa mereka juga tidak sadar bahwa ternyata struktur saluran susu seperti bunga.

Beberapa orang terkejut dengan gambar itu atau jijik. Sementara yang lain mengatakan bahwa gambar tersebut membuatnya merinding. Sedangkan yang lain justru menyambut baik dan mengatakan bahwa itu hal yang indah.

"Oke... pada awalnya agak menakutkan tapi kemudian mereka terlihat seperti bunga yang menutupi otot," ujar pengguna Twitter lainnya. 

Sebagai informasi, kelenjar mammory juga ada pada pria, tetapi umumnya tidak matang sampai pada tingkat laktasi. (rna)