4 Alasan Jerawat Selalu Muncul di Titik yang Sama

Ilustrasi jerawat.
Sumber :
  • Pixabay/Kjerstin_Michaela

VIVA – Jerawat yang tumbuh di wajah memang membuat tidak percaya diri. Posisi jerawat seperti mati satu tumbuh seribu dengan lokasi di sekitar itu saja.

Sebaiknya ketahui sejak awal apa penyebabnya sehingga bisa segera diatasi, seperti dikatakan Joshua Zeichner, MD, Direktur kosmetik dan penelitian klinis dermatologi di Mount SInai Hospital New York, yang dilansir dari Womens Health Magazine. 

Kista

Dr.Zeichner mengatakan bahwa jerawat yang membengkak di bawah dan tidak pernah ada kepalanya (muncul puncak jerawat) terkenal jahat muncul di titik yang sama. Mereka berkembang ketika pori-pori, yang berbentuk seperti tabung panjang, bercabang dan menyebabkan minyak mengambil jalan memutar dari jalur permukaan kulit. 

Ketika ini terjadi, minyak membentuk sesuatu seperti balon di bawah kulit dan mengembang atau mengempis tergantung berapa banyak minyak yang dihasilkan. Jika memiliki kelompok kista yang besar, yang bisa meninggalkan bekas luka, mungkin karena dokter meresepkan pil KB, spironolactone, antibiotik. 

Untuk kista sesekali, Dr. William, dermatologis di New York merekomendasikan perawatan topikal. "Pembersih wajah bisa. Jerawat biasanya membutuhkan produk sekali usap." Cari yang mengandung glikolat, asam salisilat atau benzoil peroksida. 

Tidak membersihkan whitehead

Kebiasaan memencet jerawat, sangat mungkin tidak sepenuhnya keluar, yang artinya jerawat bisa muncul lagi, kata Dr.Zeichner. Iritasi atau paparan bakteri bisa menyebabkan jerawat lain terbentuk tepat di sebelah jerawat sebelumnya.

Hal yang perlu dilakukan adalah, terutama jika tidak bisa menahan untuk memencet jerawat, Dr. Zeichner merekomendasikan menggunakan perawatan asam salisilat untuk mengurangi minyak berlebih dan mencegah pori tertutup lagi. 

Kebiasaan jorok

Punya kebiasaan menyentuh wajah saat stres, membaca email, tidak pernah membersihkan ponsel, jika ini terjadi jerawat yang muncul disebut acne mechanica, yaitu jerawat yang disebabkan panas, gesekan dan tekanan pada kulit. 

Di samping harus menjauhkan tangan dari wajah, coba untuk membersihkan ponsel secara mingguan atau di sesi percakapan panjang, kata Deanne Mraz Robinson, MD, asisten klinis profesor dermatologi di Yale New Haven Hospital. 

Jerawat datang bulan

Ini biasa disebabkan hormon, terjadi di area wajah di mana androgen mengaktifkan kelenjar minyak, yang artinya ini lokasi di bawah pipi, dagu, rahang, dan leher menjadi lokasi tumbuhnya jerawat. Hal ini bisa diatasi dengan pengubah hormon dari dalam keluar, seperti penggunaan spironolactone. (ase)