Manfaat Vitamin C di Balik Lezatnya Sambal Ayam Geprek

Ayam Geprek
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kuliner ayam geprek bisa dibilang merupakan salah satu hidangan yang cukup populer dalam satu tahun belakangan. Berbagai gerai ayam geprek terus menjamur di sejumlah daerah. 

Suara ‘prek’ ketika ayam digerus dengan ulekan konon merupakan alasan hidangan ini dinamai Ayam Geprek. Kepopulerannya bahkan sudah membuat olahan ayam yang pertama kali dijajakan di kota yogyakarta ini terkenal ke seantero Indonesia.

Ide dasarnya sederhana, ayam goreng diremukkan lalu dibaluri dengan lumuran sambal super pedas. Ya, pedas seakan menjadi faktor penentu dari seberapa nikmatnya ayam geprek. 

Nah, pedas dalam ayam geprek sendiri berasal dari cabai. Secara medis cabai sebenarnya mengandung segudang manfaat kesehatan. Vitamin C di dalamnya baik untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Selain itu, senyawa capsaicin dalam cabai juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah penyumbatan pembuluh darah, sehingga bisa meminimalisir risiko terjadinya serangan jantung.

Tapi, apa jadinya jika kamu mengonsumsi ayam geprek secara berlebihan dan dengan rasa pedas yang keterlaluan? Sehat atau sakit yang akan anda dapat?

Cari tahu semua faktanya hanya dalam program Ayo Hidup Sehat, Kamis, 5 September 2019, di tvOne. Program yang dipandu oleh dr. Vito Damay, Sp.JP(K), M.Kes, FIHA, FICA dan dr. Sheila Salsabila, B.MedSc juga akan menghadirkan Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK(K untuk mengulas lebih dalam fakta di balik ayam geprek. 

Jadi, bagi kalian yang suka dengan kuliner ini jangan lewatkan program Ayo Hidup Sehat hari ini.