Lima Cara Mencegah Penyakit Jantung Kardiovaskular, Gampang Kok

Ilustrasi Jantung
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Penyakit jantung kardiovaskular sampai saat ini masih menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia, termasuk di Indonesia. Korbannya sudah mencapai 17,3 juta orang setiap tahunnya. Dengan demikian, masyarakat perlu mengambil peran dalam berbagai tindakan pencegahan.

Vice President, Medical Affairs Nutrition Education Herbalife Nutrition, Kent L. Bradley mengatakan selain fakta penyakit kardiovaskular adalah penyebab kematian nomor satu, hal lain yang perlu menjadi perhatian adalah setengah dari kasus penyakit kardiovaskular terjadi di Asia.

"Prevalensi penyakit kardiovaskular pada populasi orang dewasa di negara maju terus meningkat seiring bertambah tua populasi masyarakatnya," ujarnya dalam siaran pers Herbalife Nutrition, Senin 30 September 2019.

Dia menyebut, penyakit ini bisa dicegah agar korban jiwa tak terus bertambah. Ada lima tips menjaga kesehatan jantung, untuk kehidupan yang lebih sehat sekarang dan di masa depan, seperti berikut tipsnya:

1. Pahami Risiko Kesehatan Anda

Kunci untuk menjaga kesehatan jantung adalah mengetahui kondisi kesehatan Anda. Perlu diketahui bahwa tekanan darah tinggi adalah faktor risiko nomor satu untuk penyakit kardiovaskular. oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa tekanan darah Anda secara teratur. Jika dibiarkan tidak terdiagnosis dan tidak diobati, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Kurangi Kebiasaan Hidup Tak Sehat

Mengurangi kebiasaan merokok, menjadi cara terbaik untuk melindungi jantung. Merokok dapat merusak lapisan pembuluh arteri Anda, yang menyebabkan penumpukan kandungan lemak (atheroma) dan mempersempit pembuluh darah yang akan dimulai dengan gejala nyeri di dada. Terjadinya penyempitan arteri berisiko bagi seseorang mengalami serangan jantung.

3. Pertahankan Pola Diet Untuk Jantung Sehat

Berdasarkan Filosofi Nutrisi di Herbalife, konsumsi kalori yang ideal harus terdiri dari 40 persen karbohidrat, 30 persen protein dan 30 persen lemak sehat, ditambah dengan 25 gram serat dan hidrasi yang memadai (sekitar delapan gelas air per hari).

Untuk lebih meningkatkan kesehatan jantung Anda, ikuti pola makan buah-buahan segar, sayuran, buah-buahan kering, kacang-kacangan dan biji-bijian untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian anda.

Beberapa pilihan makan yang disarankan adalah, fatty fish (salmon, mackerel, dan tuna), kenari, biji labu, dan kedelai yang penuh dengan asam lemak omega-3, untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Latih Jantung Dengan Berolahraga

Selain meningkatkan kesehatan badan secara keseluruhan, olahraga membantu pembuluh darah kita rileks dan melebar, memungkinkan darah mengalir lebih efisien dan menyehatkan jantung. Ini merangsang produksi Nitric Oksida dalam tubuh, yang mengontrol, mengatur, dan melindungi sistem kardiovaskular, sehingga jantung lebih sehat.

Untuk memulai gaya hidup aktif, usahakan 30 menit aktivitas fisik dengan intensitas sedang setiap hari. Jika Anda merasa sulit untuk melakukannya, cobalah berjalan kaki singkat sepanjang hari menuju tempat kerja atau pada jam makan siang, atau mungkin memilih parkir sedikit lebih jauh dari kantor.

5. Turunkan Tingkat Stres

Stres jangka panjang juga dapat menyebabkan tubuh Anda mengalami peningkatan kadar hormon stres seperti adrenalin dan kortisol, yang meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

Luangkan waktu untuk bersantai dan melakukan kegiatan yang Anda sukai. Orang dengan tingkat stres yang rendah lebih cenderung berolahraga dan makan dengan baik, yang keduanya penting untuk menjaga kesehatan jantung.