Jangan Asal Tentukan Jam Makan Malam, Ini Bahayanya

Ilustrasi memasak dan memanaskan makanan.
Sumber :
  • Pexels/Martin Lopez

VIVA – Salah satu cara menjaga gaya hidup sehat tentunya dengan menjaga pola makan secara teratur. Bukan hanya dari segi jumlah, tapi waktu makan juga menjadi hal yang penting untuk memiliki hidup sehat. 

Tapi, tidak banyak masyarakat yang tahu kapan idealnya seseorang menentukan jam makan. Entah itu sarapan, makan siang, atau makan malam. Padahal, makan di saat jam yang tepat memiliki peranan penting terhadap metabolisme tubuh.

Umumnya seseorang sering mengabaikan waktu makan dengan berbagai alasan. Banyak dari mereka seringkali tidak sempat makan yang membuat waktu makannya berantankan. 

Mengubah waktu makan lebih cepat atau lebih lambat khususnya di malam hari dengan menu yang kurang seimbang untuk kebutuhan tubuh, konon katanya dapat memicu berbagai gangguan kesehatan. Beberapa di antaranya ialah diabetes, obesitas, mudah stres hingga gangguan pencernaan. Benarkah?

Cari tahu fakta selengkapnya hanya pada tayangan Ayo Hidup Sehat, di tvOne, Rabu, 24 Oktober 2019. Dalam program ini, dr Verawati Sudarma, SpGK, akan menjelaskan secara komprehensif baik mitos mapun fakta tentang makan malam. Acara ini juga dipandu, dr Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) dan Crystal Ocenie.