Ayam Kampung, Broiler, Pejantan, Mana yang Lebih Sehat Lezat Diolah?

Ilustrasi Daging Ayam
Sumber :
  • Pixabay/ StockSnap

VIVA – Ayam merupakan jenis unggas paling digemari. Selain harganya lebih murah dibandingkan daging, ayam juga gampang diolah. Untuk sup, soto, bistik, digoreng hingga dibakar, hampir semua orang pasti menyukai olahan ayam.

Jenis ayam yang umum dikonsumsi pun bervariasi, mulai dari ayam kampung, broiler hingga pejantan. Tapi soal rasa meskipun sama-sama ayam, ketiga jenisnya punya rasa dan tekstur yang berbeda.

Lalu, bagaimana dengan kandungan nutrisi ketiga ayam tersebut, berbeda atau sama? Dan bagaimana cara membedakan masing-masing jenis ayam ini? Bersama spesialis gizi klinis, dr Ida Gunawan, MS, SpGK(K), semuanya akan dikupas tuntas pada tayangan Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne, Kamis 14 November 2019.

Selain itu ada jintan. Ada beberapa jenis jintan, antara jintan hitam yang juga disebut habbatussauda dan jintan putih yang biasa digunakan untuk bumbu masak.

Nama latin dari habbtussaudaa adalah Nigella Sativa. Sedangkan jintan putih, bahasa latinnya Cuminum Cyminum. Kedua jenis jintan ini mempunyai kandungan yang berbeda, sehingga khasiatnya tentu berbeda pula.

Jintan putih atau jintan atau cumin, biasa digunakan untuk bumbu masak dengan aroma yang kuat dan rasa pedas. Sedangkan jintan hitam lebih banyak dikenal sebagai obat herbal, seperti mengobati kanker, diabetes, rematik, mengatasi fungsi ginjal dan hati, serta masih banyak lagi.

Namun, benarkah demikian? Lalu, apa saja mitos dan faktanya? Pembahasan seputar jintan hitam dan putih juga mengenai nutrisi ayam akan dibahas dalam acara Ayo Hidup Sehat bersama dr Lonah, Sp.FK. Ayo Hidup Sehat (AHS), bisa kamu saksikan pada pukul 13.00-14.00 WIB di tvOne.